digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bisnis dalam proses pengembangan bisnis yang sedang dilakukan designnadbuild.id terkait dengan permasalahan kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, dan strategi promosi. Penlitian ini bertujuan unutk mengathui tanggapan responden terkait kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, strategi promosi, dan pengembangan bisnis pada designnadbuild.id. Selain itu untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, dan strategi promosi terhadap pengembangan bisnis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen designandbuild.id sebanyak 67 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik non probability sampling dengan metode sampling jenuh, sehingga sampel dalam penelitian adalah konsumen designandbuild.id sebanyak 67 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah structural equiton modeling (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, dan strategi promosi berpengaruh terhadap pengembangan bisnis. Selain itu besarnya pengaruh kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, dan strategi promosi terhadap pengembangan bisnis adalah sebesar 84,7%.