digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP SAFFANAH LAYALIA ALFATH 1.pdf ]
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Remaja SMA adalah pengguna media sosial paling banyak. Sejak masuknya COVID-19 ke Indonesia, penggunaan internet makin meningkat, bersamaan dengan meningkatnya pula angka kasus cyberbullying di media sosial. Remaja SMA yang emosinya belum stabil dan masih terlalu impulsif banyak yang tanpa sadar menjadi pelaku cyberbullying sehingga perlu diberikan pengingat agar mereka tetap berhati-hati di media sosial. Perilaku remaja SMA di media sosial dianalisa melalui studi literatur, wawancara, dan observasi. Hasil analisa kemudian diolah dan disampaikan ke remaja SMA melalui kampanye sosial yang dirancang dengan visual yang menarik dan relate dengan target audiens. Kampanye ini diharapkan dapat memberikan pengingat kepada remaja SMA agar berhati-hati di media sosial sehingga tidak menjadi pelaku cyberbullying dan diharapkan pula target audiens dapat meneruskan pesan kampanye untuk mengurangi angka kasus cyberbullying.