2022 TA PP DIZA AULIA PUTRIAJI 1.pdf?
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Dunia mode atau fashion merupakan salah satu industri penyumbang limbah tekstil terbesar
di dunia. Konsep pergantian tren mode sangat cepat berganti, yakni pada jenis pakaian readyto-wear. Fast fashion merupakan salah satu langkah yang dapat merugikan dan merusak
bumi. Masyarakat dengan pemahaman akan bahaya fast-fashion mulai melakukan sebuah
gerakan untuk hidup ramah lingkungan, salah satunya melalui thrifting atau belanja pakaian
bekas. Majunya teknologi, membuat budaya hidup zaman kini berpacu pada media sosial.
Sebuah thrift store sebaiknya memiliki media sosial yang tidak hanya berfungsi untuk
mempromosikan toko mereka, namun juga memiliki keunggulan tersendiri sebagai sarana
jual beli online dengan tampilan media sosial yang menarik serta dapat menjadi salah satu
pihak yang mengedukasi pembelinya mengenai pentingnya hidup ramah lingkungan.
Perancangan media sosial online thrift shop ini akan dibagi menjadi tiga hal, yakni desain
(mencakup logo, ilustrasi, tipografi,dll), communication, mencakup edukasi, advertising &
public relations online thrift shop, serta behavior, merangkup nilai serta budaya yang khusus
dimiliki online thrift shop. Perancangan akan berbentuk desain media sosial Instagram dan
Website. Usia remaja-dewasa muda yaitu 16 - 23 tahun menjadi sasaran dari perancangan
tugas akhir, karena usia tersebut merupakan usia yang giat mengikuti perkembangan dunia
thrifting di media sosial. Perancangan media sosial online thrift shop ini diharapkan dapat
memberikan edukasi pentingnya merancang desain grafis media sosial dan konten yang
kreatif serta edukatif bagi pegiat bisnis yang ingin atau sedang menjalani usaha online thrift
shop.