Article Details

EVALUASI EFEKTIVITAS TUGAS PERAWATAN PADA RODA PENDARAT PESAWAT B737-800

Oleh   Adrian Yosafat Hertanto [13614018]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Edy Suwondo, M.Sc.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : FTMD - Teknik Dirgantara
Fakultas : Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
Subjek :
Kata Kunci : tugas perawatan, modus kegagalan, distribusi Weibull, keandalan, efektif, interval perawatan
Sumber :
Staf Input/Edit : Erlin Marliana Effendi  
File : 8 file
Tanggal Input : 2022-01-13 10:19:10

Generic placeholder image
BAB1 Adrian Yosafat Hertanto

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB2 Adrian Yosafat Hertanto

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB3 Adrian Yosafat Hertanto

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB4 Adrian Yosafat Hertanto

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB5 Adrian Yosafat Hertanto

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan


Dalam merawat pesawat B737-800, maskapai XYZ mengikuti panduan Continuous Airwothiness Maintenance Program. Namun, dalam pelaksanaannya, Maskapai XYZ mengalami banyak gangguan operasional yang disebabkan oleh banyak unscheduled removal akibat kegagalan pada roda pendarat. Kegiatan unscheduled removal mengganggu operasi penerbangan dengan mengakibatkan adanya keterlambatan dalam operasi penerbangan. Penelitian ini menggunakan metode perhitungan keandalan dan analisis modus kegagalan roda pendarat. MTBR dari tiap modus kegagalan dinyatakan sebagai umur kegagalan dengan menggunakan distribusi Weibull. Ketidakandalan selanjutnya dibandingkan dengan tugas perawatan yang sudah ada. Data yang digunakan didapatkan dari Pilot Report dalam rentang waktu Januari 2017 sampai dengan September 2018. Komponen diasumsikan memiliki Time Since Installed (TSI) yang sama dan tidak ditukar. Komponen roda pendarat memiliki 4 modus kegagalan yaitu: deep cut, ply visible, worn out, bald. Modus kegagalan yang dominan pada roda pendarat depan adalah deep cut dan pada roda pendarat utama adalah ply visible. Tugas perawatan yang dijalankan maskapai XYZ untuk merawat roda pendarat tidak efektif untuk seluruh modus kegagalan, sehingga diperlukan revisi interval tugas perawatan.