digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Krida Widajati
PUBLIC Taupik Abidin

Sikap karyawan mengenai kepuasan kerja dan komitmen organisasi merupakan hal terpenting dalam perilaku organisasi manajemen sumber daya manusia. mengevaluasi kepuasan kerja karyawan dan komitmen organisasi sangat penting. PT Indo Sigma Rekatama adalah perusahaan jasa teknik yang memperbaiki dan memeriksa tabung Gas LPG 3kg, dengan 24 karyawan. Pada tahun 2015-2018 terjadi turnover karyawan yang tinggi, dan belum ada evaluasi terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data kuesioner dan wawancara. Kuesioner disebarkan kepada 24 karyawan, dan wawancara dilakukan pada enam karyawan. Faktor penentu kepuasan kerja dijelaskan menjadi lima faktor: gaji, promosi, pengawasan, rekan kerja, dan pekerjaan itu sendiri. Selain itu, faktor penentu komitmen organisasi dijelaskan menjadi tiga faktor: komitmen berkelanjutan, komitmen normatif, dan komitmen afektif. Hasil kuesioner kepuasan kerja ditemukan nilai rata-rata kepuasan karyawan tertinggi terhadap faktor pengawasan, yang juga mendefinisikan peran besar supervisor di tempat kerja mereka. Faktor promosi memiliki nilai rata-rata terendah diantara faktor-faktor kepuasan kerja, yang artinya jarang terjadi promosi. Faktor komitmen continuance memiliki nilai rata-rata tertinggi di antara faktor-faktor komitmen organisasi, yang menjelaskan bahwa karyawan ingin melanjutkan karirnya. Komitmen afektif memiliki nilai rata-rata terendah pada faktor komitmen organisasi. Ini mendefinisikan bahwa beberapa karyawan tidak berpikir untuk berkarir sepanjang hidup mereka di perusahaan ini. Penelitian ini memiliki keterbatasan terhadap topik yang akan dibahas dalam penelitian selanjutnya. Perbedaan ukuran sampel dan industri akan mempengaruhi hasil penelitian. Berdasarkan keterbatasan yang terkait dengan sampel, penelitian ini berasal dari perusahaan jasa teknik yang dikategorikan sebagai industri kecil dan menengah dengan jumlah responden yang sedikit.