digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Eka Sunandika
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Eka Sunandika
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Eka Sunandika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Eka Sunandika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Eka Sunandika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Eka Sunandika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Eka Sunandika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Eka Sunandika
PUBLIC Alice Diniarti


Setiap orang yang mendaftar pekerjaan perlu mengikuti proses rekrutmen untuk dapat diterima oleh perusahaan. Proses rekrutmen memiliki beberapa permasalahan, seperti tidak adanya platform yang dapat mengintegrasi seluruh tahapan proses rekrutmen, pengguna yang gugup saat mengerjakan tes, mudah cepat bosan, membutuhkan waktu yang lama untuk memahami jenis tes yang belum ditemui sebelumnya, dan lain – lain. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara lain yang dapat mengubah aplikasi tes dalam proses rekrutmen menjadi lebih menyenangkan. Salah satu teknik yang berpeluang melakukan hal tersebut adalah gamifikasi. Aplikasi Prorec dirancang dengan pendekatan user-centered design. Survey dan interview dilakukan untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan dan memahami perilaku dari pengguna. Perancangan dilakukan sebanyak 2 iterasi, yaitu 1 iterasi yang menghasilkan prototipe low-fidelity dan 1 iterasi yang menghasilkan prototipe high-fidelity. Usability Testing dilakukan untuk mengukur ketercapaian usability goals dan user experience goals dari prototipe. Hasil evaluasi akhir menghasilkan nilai 100 untuk completion rate, 6,64 untuk SEQ, 84 untuk SUS, dan 6.51 untuk IMI. Nilai yang didapat dari pengujian sudah melebihi dari batas minimal dan membuktikan bahwa rancangan prototipe highfidelity aplikasi Prorec sudah memenuhi usability goals dan user experience.