Artikel Terbaru

PEMODELAN PERAMBATAN RETAK MODUS I PADA SAMBUNGAN REKAT KOMPOSIT DENGAN SISIPAN ELASTOPLASTIK

Oleh   Arifian Sandovic Perdana [13617075]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Annisa Jusuf, S.T., M.T. Dr., Arief Yudhanto, S.T., M.Eng. Prof., Dr. Ir. Bambang Kismono Hadi
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : FTMD - Teknik Dirgantara
Fakultas : Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
Subjek :
Kata Kunci : komposit, sambungan rekat, ketangguhan retak, hybrid bondline, bridging, double cantilever beam, 3D-print
Sumber :
Staf Input/Edit : Erlin Marliana Effendi  
File : 8 file
Tanggal Input : 2021-10-12 10:29:36

Generic placeholder image
COVER Arifian Sandovic Perdana

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB1 Arifian Sandovic Perdana

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB2 Arifian Sandovic Perdana

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB3 Arifian Sandovic Perdana

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB4 Arifian Sandovic Perdana

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
BAB5 Arifian Sandovic Perdana

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan

Generic placeholder image
PUSTAKA Arifian Sandovic Perdana

Terbatas
» Gedung UPT Perpustakaan


Penggunaan material komposit pada pesawat semakin meningkat. Namun, proses penyambungan pada struktur yang terbuat dari komposit justru menyebabkan kerusakan pada materialnya. Metode bolting/riveting dapat digunakan pada material ini, hanya saja bolt/rivet akan merusak serat dan matriks, sehingga menyebabkan kekuatan komposit menurun karena mekanisme load bearing yang terjadi antara matriks dan serat menjadi terganggu. Oleh karena itu, metode penyambungan yang cocok diterapkan pada material komposit adalah adhesive joint atau sambungan rekat. Sayangnya, sambungan rekat cukup rentan terhadap brittle delamination (perambatan retak yang relatif cepat), yang ditunjukkan oleh nilai ketangguhan (fracture toughness) sambungan yang rendah. Hal tersebut membuat metode untuk meningkatkan ketangguhan retak pada sambungan rekat masih terus dikembangkan oleh para peneliti. Beberapa konsep untuk meningkatkan ketangguhan retak sambungan rekat adalah konsep hybrid bondline dan bridging. Penelitian pada tugas sarjana ini difokuskan pada konsep hybrid bondline dan bridging dengan mencari strategi pemodelan dari suatu sambungan rekat yang diberi sisipan material yang bersifat elastoplastik dengan metode elemen hingga. Model yang akan dibuat adalah model spesimen uji double cantilever beam dua dimensi. Material yang digunakan adalah CFRP (komposit karbon/epoksi) untuk substrat, Araldite 420 A/B untuk perekat, dan 3D-printed polyamide-6 untuk material sisipan. Hasil dari simulasi ini akan disajikan dalam bentuk kurva beban- perpindahan dan kurva ketangguhan retak modus I terhadap panjang retak (kurva R). Model 2D yang dibuat dalam penelitian ini secara umum dapat menangkap fenomena perambatan retak pada sambungan rekat komposit. Sesuai dengan eksperimen referensi, model 2D yang dibuat juga menunjukkan bahwa sisipan elastoplastik dapat meningkatkan ketangguhan retak modus I dari sambungan rekat komposit.