digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK: Selama ini metode konvensional banyak digunakan oleh industri penerbangan Indonesia di dalam pemesanan tiket penerbangan contohnya adalah pemesanan tiket melalui kantor penjualan tiket Garuda Indonesia. Metode konvensional dinilai memberikan rasa aman terhadap pelanggan karena pelanggan dapat berhadapan langsung dengan petugas tiket dan mendapatkan sebuah tiket. Peralihan metode konvensional menuju metode elektronik diawali melalui pengembangan sistem teknologi informasi pada call center Garuda Indonesia yang membuat pelanggan dapat melakukan reservasi dengan menggunakan telpon dan melakukan pembayaran langsung. Membaca peluang bisnis yang ada di Indonesia pada saat ini Garuda Indonesia akan melakukan perubahan yang signifikan didalam proses reservasi tiket yang disebut online booking via internet. Meskipun Garuda Indonesia dinilai bersifat reaktif terhadap teknologi online booking via internet, namun Garuda Indonesia tetap yakin bahwa metode pemesanan elektronik ini akan disambut dengan baik oleh pelanggannya. Oleh karena itu, penelitian proyek akhir ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan pelanggan Garuda Indonesia untuk mengaplikasikan layanan online booking via internet.