digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Christensen Eka D. Saudale
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Christensen Eka D. Saudale
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Christensen Eka D. Saudale
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Christensen Eka D. Saudale
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Christensen Eka D. Saudale
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Christensen Eka D. Saudale
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Christensen Eka D. Saudale
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Christensen Eka D. Saudale
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Christensen Eka D. Saudale
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 8 Christensen Eka D. Saudale
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 9 Christensen Eka D. Saudale
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Christensen Eka D. Saudale
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Pelabuhan Bula sebagai salah satu pelabuhan pengumpul terletak di Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku. Bula sebagai salah satu kota terbesar dipulau seram sangat berperan penting dalam meningkatkan arus perdangangan. Pelabuhan Bula berperan dalam pendistribuan komoditas daerah Maluku seperti perikanan, perkebunan dan pertambangan sehingga dibutukan dermaga yang dapat melayani kegiatan bongkar muat komoditas-komoditas tersebut. Pada Laporan Tugas Akhir ini akan dibahas mengenai Perancangan Struktur Dermaga Kargo Tipe Deck on Pile Di Pelabuhan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku. Struktur dermaga dirancang berdasarkan kriteria desain yang berlaku dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan pada lokasi studi. Tugas Akhir mencakup penentuan layout dermaga, dimensi struktur dan elemen struktural dermaga dan trestle, pemodelan struktur, desain penulangan struktur, dan analisis daya dukung tanah. Analisi strukur dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SAP2000 untuk mengetahui kehandalan struktur terhadap beban-beban yang bekerja pada struktur. Hasil dari pemodelan berupa unity check ratio (UCR), defleksi struktur, gaya dalam, serta reaksi perletakan elemen struktural dermaga. Nilai UCR optimum yang didapatkan untuk dermaga adalah sebesar 0,93, sementara untuk trestle adalah sebesar 0,84 dengan defleksi pada keduanya memenuhi. Gaya dalam elemen struktural dari keluaran SAP2000 digunakan untuk merancang penulangan elemen structural dan reaksi perletakan digunakan untuk menetukan kedalaman pemancangan tiang pancang. Hasil dari tugas akhir meliputi rancangan dermaga dan trestle yang mencakup dimensi struktur dan dimensi elemen struktural, detail penulangan berdasarkan gaya dalam yang bekerja, serta kedalaman yang dibutuhkan dalam pemancangan yang mampu menahan reaksi struktur berdasarkan data geoteknik.