digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Filipus Arie Wardana
PUBLIC Irwan Sofiyan

PT MRO merupakan perusahaan yang menangani perawatan engine pesawat. Untuk menjaga kinerja engine, salah satu perawatan yang dilakukan yaitu pencucian engine (engine wash). Pencucian engine dilakukan ketika nilai EGT margin mendekati 10oC atau interval 1200 jam terbang yang akan berkurang seiring bertambahnya usia engine. Nilai EGT margin dipengaruhi beberapa variabel seperti EGT, core speed, fuel flow, outside air temperature, oil pressure, HPC inlet temperature, dan lain-lain. Data yang tersedia merupakan data operasi engine dan data penjadwalan engine wash pada tahun 2018 dan 2019 yang terdiri dari 5 engine CFM56-7 yaitu ID1, ID2, ID3, ID4, dan ID5. Data operasi engine akan diolah dengan metode time series analysis dan pemodelan regresi linier untuk memprediksi nilai EGT tahun 2020. Dengan mengetahui nilai EGT maka akan didapatkan nilai EGT margin yang akan digunakan untuk mengoptimalkan penjadwalan engine wash. Secara garis besar variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap EGT adalah fuel flow, core speed, HPC, PT2, dan EGT hot day margin. Hasil prediksi EGT pada tahun 2020 menunjukkan nilai EGT margin untuk engine ID2, ID3, ID4, dan ID5 belum mendekati 10oC. Namun untuk ID1, nilai EGT margin mulai mendekati 10oC diakhir tahun. Dengan ini penjadwalan engine wash sebaiknya masih mengacu ke interval 1200 jam terbang.