Augmented Reality (AR) pada e-commerce aksesoris pergelangan tangan dapat memberikan
keuntungan berupa pengalaman digital yang menarik untuk mencoba aksesoris tersebut sebelum
dibeli sehingga pengembalian dan penggantian produk yang tidak sesuai oleh pembeli dapat
dikurangi, dan dapat menghemat waktu penjual dan pembeli karena tidak perlu mengurus
pengembalian ataupun penggantian produk. Namun, AR pada aplikasi mobile e-commerce
aksesoris pergelangan tangan masih banyak yang menggunakan marker, sehingga pengguna harus
mengunduh dan mencetak marker dan tidak bisa secara langsung mencoba aksesorisnya, hanya
menggunakan kamera depan saja sehingga hanya praktis ketika pengguna menginginkan untuk
mencoba aksesoris pergelangan secara virtual seperti cermin, namun tidak secara mirip dengan
mata pengguna, serta semua aplikasinya kurang portabel karena berbentuk native mobile app. Oleh
karena itu, melalui tugas akhir ini, dikembangkan modul markerless AR untuk aplikasi mobile ecommerce
aksesoris pergelangan tangan berbasis web agar pengguna secara efisien mencoba
aksesorisnya, tidak perlu mengunduh dan mencetak marker ataupun menginstal perangkat lunak
tambahan sebelum dapat mencoba aksesorisnya, dan pengembang tidak perlu menulis beberapa
versi aplikasi yang sama untuk sistem operasi yang berbeda. Modul tersebut dikembangkan dengan
algoritma pendeteksian tangan Google Mediapipe untuk menentukan posisi, orientasi, dan ukuran
dari objek virtual 3D aksesoris pergelangan tangan dan menempatkannya di atas rekaman
lingkungan pengguna lewat kamera perangkat mobile dengan three.js, serta dibuat kompatibel
dengan lebih dari satu OS mobile dengan web. Pengujiannya menggunakan metode black-box
untuk menguji kebutuhan fungsional dan non-fungsionalnya serta mengacu pada model yang
memodernisasi ISO 25010, yang diusulkan oleh Scheibmeir, J., & Malaiya, Y. K. Hasilnya
pengguna e-commerce aksesoris pergelangan tangan dapat mencoba aksesoris secara virtual
dengan efisien menggunakan markerless AR pada modul AR yang sudah diimplementasikan,
karena pengguna tidak perlu mengunduh marker terlebih dahulu sebelum mencoba aksesorisnya,
yang dibuktikan melalui keberhasilan dari pengujian yang sudah disebutkan.