ABSTRAK Rifqi Muhammad Faiq Fagmi
PUBLIC Irwan Sofiyan
COVER Rifqi Muhammad Faiq Fagmi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Rifqi Muhammad Faiq Fagmi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Rifqi Muhammad Faiq Fagmi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Rifqi Muhammad Faiq Fagmi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Rifqi Muhammad Faiq Fagmi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Rifqi Muhammad Faiq Fagmi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Rifqi Muhammad Faiq Fagmi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 7 Rifqi Muhammad Faiq Fagmi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
2021 TS PP RIFQI MUHAMMAD FAIQ FAGMI 1 - BAB 8.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Rifqi Muhammad Faiq Fagmi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Riser merupakan salah satu fasilitas dalam sistem pipa bawah laut untuk
menyalurkan fluida pada daerah pengeboran dan pengolahan minyak bumi dan gas
di laut, seperti Laut Natuna. Riser berbentuk pipa vertikal yang biasanya berada di
dekat anjungan lepas pantai dan jauh dari support sehingga rawan rusak akibat
beban lingkungan, seperti dari arus laut yang mengakibatkan fenomena vortexshedding
yang memberi beban fatigue selama beroperasi. Untuk meredam vortexshedding
yang terjadi, digunakan supression devices, seperti helical strakes yang
sering digunakan. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian untuk mengetahui
efektivitas perlindungan helical strakes pada riser dalam upaya meredam vortexshedding
yang terjadi. Penelitian dilakukan dengan melakukan simulasi numerik
aliran arus dengan kecepatan maksimum di Laut Natuna sebesar 0.96 m/s yang
melewati riser berdiameter 8.625 inchi untuk mengetahui pola aliran dan gaya yang
terjadi. Selain itu, simulasi dilakukan dalam beberapa variasi konfigurasi
perlindungan helical strakes, yaitu 100% sepanjang riser, 80%, 60%, 40%, dan 0%.
Hasil dari simulasi beberapa variasi tersebut dibandingkan berdasarkan koefisien
lift yang terukur sehingga diperoleh konfigurasi 100% memiliki efektivitas yang
paling maksimal, yaitu 66.9%. Selain itu, dilakukan perbandingan tegangan yang
terjadi pada setiap konfigurasi riser dengan analisis tegangan riser. Analisis
dilakukan dengan memodelkan riser dengan tebal 22.23 mm hasil desain tebal
dinding yang diberi beban arus dengan kecepatan hasil simulasi numerik yang telah
dilakukan. Dari hasil analisis tersebut, diperoleh bahwa perlindungan riser
sepanjang 80% atau lebih memberikan perlindungan optimal.