Article Details

PERANCANGAN PERBAIKAN TANAH DAN PONDASI TIANG PANCANG TERMINAL PENUMPANG BANDAR UDARA ISKANDAR, PANGKALAN BUN

Oleh   Yulius Danny Huwa [15017086]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr.Eng. Hasbullah Nawir, S.T., M.T.;Eliza Rosmaya Puri, S.T., M.T., Ph.D.;Muhammad Riyansyah, S.T., Ph.D.;Kardina Nawassa Setyo Ayuningtyas, S.T., M.T.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Teknik Sipil
Fakultas : Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
Subjek :
Kata Kunci : bandara, terminal penumpang, desain pondasi tiang pancang, settlement, PVD, perbaikan tanah, LPILE, GROUP PILE, PLAXIS 3D, PLAXIS 2D.
Sumber :
Staf Input/Edit : Alice Diniarti  
File : 1 file
Tanggal Input : 2021-09-27 10:03:16

Adanya perkembangan yang terjadi pada Kabupaten Kotawaringin Barat pada sektor ekonomi dan pariwisata menyebabkan kebutuhan meningkat, akibatnya pergerakan dari sisi udara meningkat. Hal tersebut dikarenakan kabupaten ini merupakan daerah yang mengandalkan transportasi udara untuk menuju dan pergi dari lokasi tersebut. Peningkatan pergerakan berimplikasi pada kenaikan jumlah penumpang di Bandar Udara Iskandar, Pangkalan Bun, sehingga perlu peningkatan kapasitas terminal penumpang bandara untuk menampung demand di masa mendatang. Perancangan ini terdiri dari pekerjaan struktur bawah terminal dan pekerjaan perbaikan tanah untuk daerah parkiran. Struktur bawah dari terminal dirancang dengan pondasi tiang pancang dengan diameter 0,5 m dan kedalaman 30 m. Digunakan 5 jenis konfigurasi kelompok tiang berbentuk pola persegi dan persegi panjang untuk menahan beban dari struktur dan membatasi defleksi dan penurunan yang terjadi. Analisis pondasi dibantu dengan perangkat lunak LPile, GROUP PILE, dan PLAXIS 3D. Perancangan perbaikan tanah dilakukan dengan metode timbunan dan PVD. Konfigurasi PVD yang digunakan adalah konfigurasi persegi dengan spasi antar PVD adalah 1 m untuk mempercepat proses konsolidasi. Timbunan dilakukan secara bertahap dan dianalisis penurunannya dengan bantuan perangkat lunak PLAXIS 2D.