Article Details

FOUNDATION DESIGN OF GRESIK SEAPORT’S INTERNATIONAL CARGO TERMINAL

Oleh   Alexander Jeson Tjowari [15017105]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Ir. Sindur P. Mangkoesoebroto, M.S.EM, Ph.D.;Prof. Ir. Harun Al Rasyid, M.Sc., Ph.D.;Sugeng Krisnanto, S.T., M.T., Ph.D.;Dr.Eng. Eka Oktariyanto Nugroho, S.T., M.T.;Budi Hasiholan, S.T., M.Eng., Ph.D.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Teknik Sipil
Fakultas : Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
Subjek :
Kata Kunci : tiang pancang, fixity point, daya dukung aksial, daya dukung lateral, penurunan, kriteria desain.
Sumber :
Staf Input/Edit : Irwan Sofiyan  
File : 1 file
Tanggal Input : 2021-09-27 09:35:21

Terminal kargo internasional Pelabuhan Gresik merupakan fasilitas yang didesain dengan tujuan utama untuk kegiatan loading dan unloading kargo internasional. Tugas akhir ini berfokus pada desain fondasi pada terminal kargo. Tahapan awal desain dimulai dari interpretasi data tanah berdasarkan hasil pengujian tanah di lapangan dan laboratorium. Berdasarkan data tanah ini lalu dilakukan penentuan parameter desain tanah yang akan digunakan dalam perancangan dimensi fondasi. Berdasarkan letak terminal kargo yaitu di tengah laut, maka jenis fondasi yang digunakan dalam desain fondasi terminal adalah fondasi dalam tiang pancang pipa baja dimana fondasi tiang dimodelkan sebagai deck on pile. Dalam pemodelan fondasi tiang, dibutuhkan letak fixity point dan nilai kekakuan lateral pegas yang akan dimodelkan sebagai interaksi tanah dalam pemodelan fondasi tiang. Berdasarkan hasil pemodelan didapatkan beban yang akan diterima oleh fondasi dimana akan dilakukan analisis fondasi tiang yaitu daya dukung aksial, daya dukung lateral, dan penurunan pada fondasi. Pada analisis daya dukung aksial akan dilakukan analisis daya dukung tekan dan tarik dimana daya dukung tersebut akan dibandingkan dengan beban yang akan ditanggung fondasi tiang berdasarkan kriteria desain. Pada analisis daya dukung lateral akan digunakan metode p-y, dimana berdasarkan kriteria desain defleksi izin akan dihitung kapasitas lateral pada fondasi tiang lalu dibandingkan dengan beban lateral yang akan dialami oleh tiang. Pada analisis penurunan, penurunan elastik dan konsolidasi tiang akan dibandingkan berdasarkan kriteria desain penurunan maksimum dan perbedaan penurunan. Dimensi fondasi didapatkan setelah dilakukan iterasi desain dimana kapasitas dan penurunan fondasi tersebut memenuhi seluruh kriteria desain.