digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Sean Michael
PUBLIC Irwan Sofiyan

COVER Sean Michael
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Sean Michael
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Sean Michael
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Sean Michael
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Sean Michael
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Sean Michael
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Sean Michael
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Sean Michael
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Sean Michael
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Pelabuhan Tanjung Perak merupakan pelabuhan utama di Kawasan Metropolitan Gerbang Kertasusila. Hal tersebut mengakibatkan hampir semua pengiriman peti kemas akan melalui Pelabuhan Tanjung Perak dan terminal sekitarnya. Sehingga, Pelabuhan Tanjung Perak diproyeksikan akan mengalami overflow. Pemenuhan demand peti kemas yang mengalami overflow dapat direalisasikan dengan pembangunan Terminal Internasional Kontainer Kargo di Kawasan Terpadu Pelabuhan Gresik di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Area terminal kargo internasional memiliki lebar 457.5 meter dan panjang 900 meter. Struktur pelabuhan dimodelkan menggunakan band beam sehingga tidak memerlukan pile cap. Struktur pelabuhan yang terdiri dari balok, tiang pancang, dan pelat dimodelkan pada program SAP2000. Proses pengecekan desain tiang pancang dilakukan menggunakan program spColumn dan desain penulangan pelat menggunakan program SAFE2016. Komponen pelengkap pelabuhan berupa fender dan bollard didesain berdasarkan British Standard. Hasil akhir pengerjaan tugas akhir ini berupa struktur pelabuhan yang tahan terhadap beban lateral dari kontak kapal dan tahan gempa dengan penulangan yang sesuai peraturan SNI.