digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Dwi Nova Wijayanti
PUBLIC Alice Diniarti

Berada di era revolusi industri 4.0 mendorong berbagai sektor untuk dapat melakukan transformasi digital secepatnya. Kompleksitas transformasi digital mengharuskan suatu organisasi/institusi yang akan melaksanakannya memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Sektor pendidikan adalah salah satu faktor pendukung utama proses transformasi digital untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di era digital ini. Pada faktanya, 84% pada tahun 2016 dan 70% pada tahun 2019 transformasi digital yang dilakukan organisasi/institusi dinyatakan gagal karena berbagai faktor, salah satunya adalah kurangnya kesiapan organisasi/institusi. Maka dari itu, untuk menekan angka potensi kegagalan tersebut, pelaksanaan transformasi digital sebaiknya mengikuti kerangka kerja agar pelaksanaannya lebih terarah dan jelas. Kerangka kerja transformasi digital Garuda adalah kerangka kerja yang difokuskan pada tugas akhir ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat penilaian kesiapan transformasi digital organisasi/institusi khususnya perguruan tinggi untuk mengukur kesiapan dalam bertransformasi. Alat penilaian ini terdiri dari tiga domain utama yaitu digital leadership, digital culture dan resources&commitment. Pada setiap domain terdapat sub-domain sebagai komponen penting yang harus diperhatikan dalam persiapan transformasi digital. Sub-domain tersebut adalah people, process, technology dan data. Alat penilaian disimulasikan secara parsial kepada elemen kampus baik internal maupun eksternal. Dari evaluasi akhir, rancangan alat penilaian ini didapatkan skor 4,12 dari skala 5 untuk aspek mudah dipahami dan skor 4,03 dari skala 5 untuk kelengkapan objek ukur alat penilaian kesiapan.