digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK: Masa usia sekolah dasar disebut juga masa intelektual, karena adanya keterbukaan dan keinginan anak untuk mendapat pengetahuan dan pengalaman. Dengan mengajarkan bahasa Inggris kepada anak anak usia dini diharapkan anak anak lebih tahu dan mampu beradaptasi terhadap hal yang baru. Meskipun pelajaran bahasa Inggris telah didapat di sekolah, namun sarana dan prasarana di sekolah kurang mendukung untuk dapat meningkatkan mutu dan minat anak-anak dalam belajar bahasa asing. Maka didirikan lembaga kursus ESL sebagai pelengkap sistem pendidikan bahasa Inggris di sekolah. Untuk mengetahui kebutuhan dari suatu pasar, maka dilakukan riset dengan menyebarkan kuisioner agar mendapat jawaban atas perspektif dan preferensi orang tua atas kualitas suatu lembaga pendidikan bahasa. Hasil survei menunjukkan bahwa dua faktor utama dalam memilih lembaga kursus adalah kualitas pengajar dan metode pengajaran. Sehingga untuk membedakan ESL dengan lembaga lain, maka digunakan strategi differensiasi yaitu menyediakan pengajar yang handal dan professional serta metode berbeda yang dikemas dalam kurikulum penyaluran bakat. Dengan demikian, diharapkan dengan mendirikan lembaga kursus bahasa Inggris ESL ini dapat memenuhi kebutuhan dan harapan orang tua agar anak mereka menjadi anak-anak yang dapat aktif berbicara bahasa Inggris dan lembaga ini diharapkan menjadi lembaga pendidikan bahasa yang terpercaya dan terdepan.