Kenaikan arus bongkar muat petikemas di Terminal Petikemas Surabaya (TPS)
menuntut dikembangkannya dermaga internasion TPS, maka dari itu dibutuhkan
perencanaan pengembangan dengan mempertimbangkan permasalahan
sedimentasi. Maksud dari penulisan Tugas Akhir ini adalah merencanakan
pengembangan dermaga internasional TPS beserta kegiatan operasi dan
pemeliharaannya. Metode yang digunakan dalam pengerjaan tugas akhir
diantaranya perhitungan sedimentasi menggunakan metode Meyer Peter Muller dan
USLE, Analisis pasang surut dengan metode Admiralty, perhitungan gelombang
dengan Hindcasting, dan perhitungan jumlah kapal dengan proyeksi pertumbuhan
bongkar muat. Proyeksi arus barang pada dermaga internasional TPS dalam 10
tahun kedepan sebesar 1.689.025 TEUs secara total atau sebanyak 1615 kunjungan
kapal (naik 20% dari kondisi eksisting) dengan nilai Berth Occupation Ratio
melampaui 90%. Panjang dermaga yang dibutuhkan untuk kapal dengan ukuran
165m berlabuh adalah sepanjang 200 meter dioperasikan pada kedua sisinya.
Operasi dan Pemeliharaan kedalaman kolam dilakukan dengan pengerukan
sedimen dengan volume pengendapan sebesar 131,803.04 m3 pertahun pada
wilayah barat dermaga tambahan. Desain dermaga ditampilkan pada berup layout.