digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pandemi COVID-19 ini menyebabkan kepanikan di seluruh dunia, sehingga membuat satu demi satu negara-negara melakukan karantina wilayah (lockdown) untuk memperlambat laju penularan virus. Kondisi ini menyebabkan semua pelaku usaha merasakan dampak tak terkecuali oleh pelaku usaha pada sektor jasa Event Organizer (EO) seperti PT. Argo Pesona Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah kegiatan dari klien dibatalkan karena pandemi Covid-19. Untuk itu diperlukan strategi inovasi yang efektif dengan mengembangkan ide-ide yang bisa diterima oleh perusahaan dan pasar berdasarkan lingkungan bisnis yang berubah untuk mencapai keunggulan bersaing secara berkelanjutan melalui superior value dalam masa pandemi Covid-19 sehingga klien yang ada tetap bertahan dan mampu menambah klien baru. Jenis penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dan kuantitatif, sampel yang digunakan berjumlah 10 orang berdasarkan teknik purposive sampling. Unit analisis data dengan menggunakan metode deskriptif, SWOT analisis dan PESTLE analysis, TOWS Matriks dan analisis Five Forces Porter. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan observasi kelapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa usulan strategi inovasi yang cocok dilakukan oleh PT. Argo Pesona Indonesia Bandung di masa pandemi Covid-19 yaitu pada dimensi implementasi inovasi, orientasi kepemimpinan dan inovasi produk/jasa layanan