digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Berdasarkan data dari Jurnal Perencanaan Pembangunan Indonesia tahun 2020, industri perhotelan mengalami tekanan besar yang terlihat dari tingginya penurunan wisatawan dengan jumlah pembatalan dan penurunan pemesanan hotel. Menyikapi permasalahan tersebut, hotel harus mencari cara untuk mempertahankan usahanya, salah satunya dengan meningkatkan minat beli pelanggan. Traveloka, sebagai booking hotel online akomodasi nomor satu di Indonesia, menyediakan platform review hotel untuk berbagi pengalaman dan informasi dan rekomendasi melalui platform tersebut. Review online adalah sumber informasi tertinggi yang digunakan oleh orang-orang untuk mencari informasi untuk industri perhotelan. Penelitian sebelumnya menemukan ada beberapa faktor, seperti Kualitas Informasi, Kredibilitas Informasi, Kegunaan Informasi, yang dapat mempengaruhi niat beli. Dengan mempelajari karakteristik informasi di dalam platform review online sebagai salah satu bentuk eWOM, diharapkan industri perhotelan dapat mengkaji faktor-faktor signifikan eWOM dari platform review Traveloka yang dapat mempengaruhi niat beli pelanggan, kemudian mereka dapat mengimplementasikannya untuk strategi pemasaran dengan eWOM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli dengan menggunakan Model Penerimaan Informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan melakukan kuesioner online yang diperoleh 245 responden yang pernah membaca review platform Traveloka, pernah memesan hotel secara online di Traveloka, dan berusia 18-35 tahun. SmartPLS digunakan untuk menganalisis data dan mengkonfirmasi bahwa Kredibilitas Informasi, Sikap terhadap Informasi, Kegunaan Informasi, dan Adopsi Informasi merupakan faktor penentu eWOM yang dapat mempengaruhi niat beli. Temuan penelitian ini tidak menemukan kebutuhan akan informatio dan kualitas informasi merupakan faktor determinan dari minat beli. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi praktis bagi industri perhotelan untuk memaksimalkan strategi menggunakan obbline untuk meningkatkan penjualan mereka berdasarkan temuan tersebut.