Branded web series adalah salah satu inovasi terbaru di bidang iklan video online. Berbeda
dengan iklan pada umumnya yang menawarkan produk secara eksplisit, branded web series
merupakan salah satu bentuk branded entertainment yang banyak digunakan untuk
mendapatkan respon penonton khususnya anak muda dalam bentuk format film pendek dari
sebuah brand yang dikemas dalam beberapa episode dalam durasi sekitar 5-15 menit.
Branded web series ditempatkan pada platform yang dapat dibagikan seperti YouTube. Di
Indonesia, prospek branded web series cukup menjanjikan karena 45,3 persen masyarakat
Indonesia melihat konten internet untuk hiburan seperti menonton film atau video. Penelitian
ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli XL sebagai
penyedia jasa telekomunikasi setelah menonton branded web series Memilih Maju. Data
dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM untuk
menilai hubungan antara hiburan, keinformatifan, iritasi, nilai iklan, kesadaran merek, sikap
merek, citra merek, dan flow terhadap niat beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hiburan,
keinformatifan, sikap merek, dan citra merek berpengaruh positif terhadap niat beli. Selain
itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pembaca, PT. XL Axiata Tbk.,
dan pemasar mengembangkan komunikasi pemasaran dalam bentuk branded web series