Pandemic COVID-19 memberikan dampak ke berbagai sector, terutama dalam sector pendidikan. Banyak
negara yang memutuskan untuk menutup lembaga pendidikan. Begitu pula di Indonesia yang harus
mengikuti instruksi pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran secara online sebagai cara untuk
mengantisipasi penyebaran COVID-19. Pendidikan memiliki peranan penting dalam mengembangkan
sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk mempertahankan kualitas pendidikan pada kondisi seperti
ini diperlukan lingkungan belajar yang baik sehingga dapat menghasilkan keterlibatan siswa yang baik
pula. Pembelajaran online saat ini membuat adanya keterbatasan dan kurangnya interaksi antara
mahasiswa dan dosen, dimana hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pihak yang terlibat.
Pembelajaran online juga membuat mahasiswa menjadi pasif dan kurang produktif karena adanya
perubahan metode belajar yang terbatas dalam ruang virtual. Oleh karena itu, peran learning environment
di perguruan tinggi menjadi penting, jika learning environment mengalami peningkatan maka student
engagement pun meningkat. Begitu pula sebaliknya, jika learning environment mengalami penutuan
maka student engagement pun menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh
learning environment terhadap student engagement pada mahasiswa generasi Z selama pandemic
COVID-19. Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang disebar secara
online kepada mahasiswa generasi Z yang berada pada rentang periode 2017/2018 – periode 2019/2020
sebagai respoden dalam penelitian ini. Ukuran sampel pada penelitian ini sebanyak minimal 500
responden. Setelah data terkumpul, data dianalisis mengunakan beberapa metode melalui analisis
deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, pengujian hipotesis, dan uji koefisien
determinasi. Peneliti menggunakan aplikasi SPSS sebagai alat bantu dalam menganalisis data. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa learning environment berpengaruh signifikan terhadap student
engagement pada mahasiswa generasi Z selama pandemic COVID-19. Hal tersebut telah terbukti
berdasarkan hipotesis adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji dan analisis data, dapat
disimpulkan bahwa learning environment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap student
engagement dengan persentase sebesar 29.8% dan sebanyak 70.2% sisanya dijelaskan oleh faktor lainnya
yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan hasil yang didapat, penelitian ini dapat dikatakan
bermanfaat untuk perguruan tinggi dalam menciptakan lingkungan belajar yang memadai saat
pembelajaran online. Serta dapat memberikan cara yang baik untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa
selama belajar.