digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Shafira Putri Zachrany
PUBLIC Taupik Abidin

Pandemic COVID-19 memberikan dampak ke berbagai sector, terutama dalam sector pendidikan. Banyak negara yang memutuskan untuk menutup lembaga pendidikan. Begitu pula di Indonesia yang harus mengikuti instruksi pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran secara online sebagai cara untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Pendidikan memiliki peranan penting dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk mempertahankan kualitas pendidikan pada kondisi seperti ini diperlukan lingkungan belajar yang baik sehingga dapat menghasilkan keterlibatan siswa yang baik pula. Pembelajaran online saat ini membuat adanya keterbatasan dan kurangnya interaksi antara mahasiswa dan dosen, dimana hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pihak yang terlibat. Pembelajaran online juga membuat mahasiswa menjadi pasif dan kurang produktif karena adanya perubahan metode belajar yang terbatas dalam ruang virtual. Oleh karena itu, peran learning environment di perguruan tinggi menjadi penting, jika learning environment mengalami peningkatan maka student engagement pun meningkat. Begitu pula sebaliknya, jika learning environment mengalami penutuan maka student engagement pun menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh learning environment terhadap student engagement pada mahasiswa generasi Z selama pandemic COVID-19. Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang disebar secara online kepada mahasiswa generasi Z yang berada pada rentang periode 2017/2018 – periode 2019/2020 sebagai respoden dalam penelitian ini. Ukuran sampel pada penelitian ini sebanyak minimal 500 responden. Setelah data terkumpul, data dianalisis mengunakan beberapa metode melalui analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, pengujian hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Peneliti menggunakan aplikasi SPSS sebagai alat bantu dalam menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa learning environment berpengaruh signifikan terhadap student engagement pada mahasiswa generasi Z selama pandemic COVID-19. Hal tersebut telah terbukti berdasarkan hipotesis adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa learning environment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap student engagement dengan persentase sebesar 29.8% dan sebanyak 70.2% sisanya dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan hasil yang didapat, penelitian ini dapat dikatakan bermanfaat untuk perguruan tinggi dalam menciptakan lingkungan belajar yang memadai saat pembelajaran online. Serta dapat memberikan cara yang baik untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa selama belajar.