Terjadinya pandemi virus Covid-19 yang sangat cepat menyebar kepada seluruh masyarakat sejak akhir
tahun 2019 hingga saat ini telah mengubah tatanan hidup masyarakat termasuk pada berbagai bidang sektor
yang ada di Indonesia salah satunya bidang pendidikan. Penyebaran virus yang sangat cepat dan
menimbulkan sangat banyak korban, menteri pendidikan dan kebudayaan membuat kebijakan mengenai
proses belajar mengajar yang dilakukan secara online dari rumah masing-masing (daring) sebagai sebuah
upaya yang dilakukan untuk menghindari bertambahnya kasus penyebaran Covid-19 di masyarakat
Indonesia. Terjadinya perubahan metode belajar bisa saja membuat pencapaian akademik mahasiswa
berbeda karena dituntut untuk belajar secara mandiri sehingga pada penelitian ini, peneliti bertujuan untuk
menganalisis pengaruh dari gaya belajar siswa dan hubungannya dengan keterlibatan siswa saat di kelas
pada mahasiswa generasi Z perguruan tinggi di wilayah kabupaten/kota Bandung dengan menggunakan
model gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik) pada masa pandemi Covid-19.
Peneliti mengidentifikasi adanya pengaruh gaya belajar mahasiswa menggunakan pendekatan kuantitatif
dan mengumpulkan data melalui metode online survey (questionnaire) dengan bantuan google form kepada
mahasiswa yang mengikuti pembelajaran online selama pandemic Covid-19. Pertanyaan yang diberikan
kepada mahasiswa yang berkuliah di kota/kabupaten Bandung sebelumnya diuji terlebih dahulu kepada 30
responden untuk mengetahui bahwa pertanyaan yang akan diajukan valid dan reliabel. Jumlah sampel
dalam penelitian ini berjumlah 500 mahasiswa dengan Analisis data melalui tiga tahapan, yaitu tahap
analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan linear regresi sederhana. Setelah data terkumpul dilakukan
analisis untuk mengetahui pengaruh tentang kedua variabel dalam penelitian ini. Hasil dari pengolahan data
menggunakan SPSS dan telah dianalisis, penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa
generasi Z yang berkuliah di kabupaten/kota Bandung selama pandemic mayoritas memiliki gaya belajar
auditori dan mahasiswa juga memiliki keterlibatan belajar yang tinggi selama pembelajaran online di masa
pandemic Covid-19. Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap student engagement mahasiswa generasi Z,
namun dari hasil penelitian pengaruh gaya belajar terhadap student engagement tersebut kecil karena ada
faktor lain atau variabel bebas selain gaya belajar yang juga dapat mempengaruhi student engagement
mahasiswa pada pembelajaran online selama pandemic Covid-19.