digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Shofie
PUBLIC Taupik Abidin

Terjadinya pandemi virus Covid-19 yang sangat cepat menyebar kepada seluruh masyarakat sejak akhir tahun 2019 hingga saat ini telah mengubah tatanan hidup masyarakat termasuk pada berbagai bidang sektor yang ada di Indonesia salah satunya bidang pendidikan. Penyebaran virus yang sangat cepat dan menimbulkan sangat banyak korban, menteri pendidikan dan kebudayaan membuat kebijakan mengenai proses belajar mengajar yang dilakukan secara online dari rumah masing-masing (daring) sebagai sebuah upaya yang dilakukan untuk menghindari bertambahnya kasus penyebaran Covid-19 di masyarakat Indonesia. Terjadinya perubahan metode belajar bisa saja membuat pencapaian akademik mahasiswa berbeda karena dituntut untuk belajar secara mandiri sehingga pada penelitian ini, peneliti bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari gaya belajar siswa dan hubungannya dengan keterlibatan siswa saat di kelas pada mahasiswa generasi Z perguruan tinggi di wilayah kabupaten/kota Bandung dengan menggunakan model gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik) pada masa pandemi Covid-19. Peneliti mengidentifikasi adanya pengaruh gaya belajar mahasiswa menggunakan pendekatan kuantitatif dan mengumpulkan data melalui metode online survey (questionnaire) dengan bantuan google form kepada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran online selama pandemic Covid-19. Pertanyaan yang diberikan kepada mahasiswa yang berkuliah di kota/kabupaten Bandung sebelumnya diuji terlebih dahulu kepada 30 responden untuk mengetahui bahwa pertanyaan yang akan diajukan valid dan reliabel. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 500 mahasiswa dengan Analisis data melalui tiga tahapan, yaitu tahap analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan linear regresi sederhana. Setelah data terkumpul dilakukan analisis untuk mengetahui pengaruh tentang kedua variabel dalam penelitian ini. Hasil dari pengolahan data menggunakan SPSS dan telah dianalisis, penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa generasi Z yang berkuliah di kabupaten/kota Bandung selama pandemic mayoritas memiliki gaya belajar auditori dan mahasiswa juga memiliki keterlibatan belajar yang tinggi selama pembelajaran online di masa pandemic Covid-19. Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap student engagement mahasiswa generasi Z, namun dari hasil penelitian pengaruh gaya belajar terhadap student engagement tersebut kecil karena ada faktor lain atau variabel bebas selain gaya belajar yang juga dapat mempengaruhi student engagement mahasiswa pada pembelajaran online selama pandemic Covid-19.