digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Prima Ulfa Mulia Arta
PUBLIC Taupik Abidin

Sejak Generasi Z mulai mengenal merek fashion mewah dan mulai membelanjakan uang mereka untuk produk fashion mewah, pasar produk fashion mewah mengalami pergeseran demografis pada konsumen mereka. Generasi Z menjadi target utama yang berpotensial di industri fashion mewah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sikap Generasi Z terhadap pembelian produk fashion mewah, melihat Generasi Z memiliki perilaku yang unik dan berbeda dengan generasi lainnya. Tidak hanya itu, penelitian ini juga mengungkapkan hubungan antara sikap pada perilaku, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, dan niat pembelian serta perilaku pembelian. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis Partial-Least Square (PLS) - Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh media sosial, nilai keberlanjutan, kolaborasi merek, nilai hedonis, dan nilai kualitas-harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap Generasi Z pada pembelian produk fesyen mewah. Selain itu, dengan membuktikan Theory of Planned Behavior, sikap Generasi Z, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan secara positif dan signifikan mempengaruhi niat beli dalam hal membeli produk fashion mewah, menambahkan bahwa niat beli juga memiliki dampak yang kuat pada perilaku pembelian. Implikasi dari temuan tersebut akan menjadi wawasan bagi merek fashion mewah sebagai persiapan untuk mendekati Generasi Z, pelanggan produk fashion mewah terbesar di masa depan.