digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Andiva Liesty Amelia
PUBLIC Taupik Abidin

Perkembangan teknologi dan start-up telah membuat banyak perubahan pada industri pendidikan dimana masyarakat dapat menerima edukasi dari institusi informal seperti start-up edukasi yang dipadukan dengan kemampuan untuk membuat kelas secara daring. Keadaan pandemi saat ini juga mendorong kesempatan untuk membangun bisnis penyedia edukasi dengan semakin banyaknya masyarakat yang familiar dengan platform untuk mengadakan kelas daring Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan bisnis di dalam penyedia edukasi daring. Pengembangan bisnis sangat penting untuk memastikan bahwa perusahaan mampu bertahan dengan fokus dalam menghasilkan nilai dan mencari kesempatan untuk mengurangi kemungkinan kegagalan start-up karena kurangnya fokus terhadap strategi pengembangan bisnis. Untuk menganalisis hal tersebut, peneliti mengambil dua poin utama yang berkontribusi langsung kepada pengembangan bisnis dari penyedia edukasi dari, kemitraan strategis dan penciptaan nilai, dari start-up edukasi online bernama Venidici. Venidici adalah pemain baru di dalam industri penyedia edukasi daring dengan pengalaman hampir 2 tahun berjalan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah studi kualitatif dengan interview secara mendalam terhadap 11 peserta yang memiliki peran langsung terhadap kemitraan strategis dan penciptaan nilai di Venidici. 3 orang dati manejemen Venidici, 3 orang pembicara, dan 5 orang pelanggan untuk mendapatkan wawasan mengenai kemitraan strategis dan penciptaan nilai di dalam Venidici dengan triangulasi untuk mengidentifikasi validitas data. Hasil peneletian menunjukan bahwa kemitraan strategis yang sekarang dijalankan masih kurang dalam hal kontrol dan kekuatan yang dimiliki oleh Venidici dikarenakan proses komunikasi yang tidak efektif dan juga menunjukkan bahwa pelanggan memainkan peran yang besar dalam menentukan nilai yang disediakan oleh Venidici sehingga menentukan pengembangan di masa depan