digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TS PP FADHILAH AMALIA 1.pdf)u
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Seiring dengan perubahan yang terjadi di masyarakat abad 21, dunia disuguhi oleh perubahan industri media yang begitu pesat seiring dengan kemajuan teknologi yang ada. Ragam media yang terus muncul dan berkembang di seluruh lapisan masyarakat memberikan dampak yang signifikan, salah satunya adalah media board game. Berbeda dengan digital media, board game melibatkan benda fisik/prototype dan atmosfir sosial yang sulit untuk direplikasi dalam digital media. Fenomena tersebut menjadi perhatian peneliti untuk meneliti kemampuan literasi media remaja, khususnya terhadap media board game sebagai sebuah media edukasi. Literasi media adalah kemampuan untuk mencari, menemukan, dan menggunakan informasi dari pesan media dengan cara mengadaptasi kemampuan kognitif dan berpikir kritis dalam menganalisa dan mempertanyakan pesan media yang dilihat, dibaca, dan ditonton. Literasi memiliki cangkupan yang luas dan dipercaya sebagai benteng bagi khalayak agar mampu berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh literasi media pada model pembelajaran board game, berfokus pada konsep literasi media berbasis kompetensi individual (individual competence) utamanya pada kriteria critical understanding.