digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak : Perusahaan Mega Jaya Makmur adalah perusahaan baru yang mengembangkan bisnis dengan produk yang dibuat adalah Abon Roa dan Abon Cakalang. Produk Abon Roa dan Abon Cakalang ini bertujuan menjadi market leader karena baru, inovatif, unik dan mengangkat ciri khas daerah Manado. Produk ini bisa dijadikan salah satu oleh-oleh yang bisa dibawa sebagai makanan khas daerah Manado dan mudah ditemukan dan akan dijual secara luas di Manado. Perencanaan bisnis dilakukan dengan mengadakan survei, studi banding dan studi literatur. Survei produk Abon Roa dan Abon Cakalang ini menunjukkan potensi pasar yang besar untuk produk ini. Target pasar produk adalah penduduk lokal, turis domestik dan mancanegara, dan untuk waktu mendatang perusahaan merencanakan menjual ke pasar internasional. Strategi pemasaran awal adalah menjual produk di toko oleh-oleh/souvenir kota Manado, serta membuka outlet di bandar udara internasional Sam Ratulangi Manado. Bisnis ini sangat menjanjikan dengan NPV 3 tahun sebesar Rp 121.982.704,- dan investasi awal sebesar Rp 96.000.000,-. Payback period dicapai dalam 17 bulan, sehingga dalam 1,5 tahun pertama pengembalian modal investasi dan hutang dapat dilakukan. Dari perhitungan finansial didapatkan IRR sebesar 48,29%, sehingga bisnis ini sangat layak diperhitungkan bahkan dengan asumsi penjualan yang minimum.