digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK FADLAN AKHYAR FAISAL
PUBLIC Irwan Sofiyan

COVER FADLAN AKHYAR FAISAL
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

BAB 1 FADLAN AKHYAR FAISAL
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

BAB 2 FADLAN AKHYAR FAISAL
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

BAB 3 FADLAN AKHYAR FAISAL
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

BAB 4 FADLAN AKHYAR FAISAL
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 FADLAN AKHYAR FAISAL
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

BAB 6 FADLAN AKHYAR FAISAL
PUBLIC Irwan Sofiyan

PUSTAKA FADLAN AKHYAR FAISAL
PUBLIC Irwan Sofiyan

Pembangunan jembatan di Indonesia berkembang dengan pesat melihat Indonesia adalah negara kepulauan dan kebutuhan mobilitas yang semakin tinggi. Pembangunan jembatan harus direncanakan sebagai struktur yang tahan gempa mengingat jembatan memiliki fungsi konektivitas antar wilayah. Akhir-akhir ini sedang hangatnya jembatan putar balik untuk menghindari adanya perlintasan sebidang kereta. Jemabatan dengan bentuk seperti ini memiliki keterbatasan terhadap kendaraan-kendaraan besar dan panjang. Saat ini desain jembatan yang memiliki lalu lintas terbatas tetap mengacu pada SNI 1725-2016 dan 2833-2016, sedangkan beban yang melintas tidak akan lebih besar dari beban yang diatur dalam peraturan. Untuk mendapatkan hasil desain yang lebih optimal dilakukan analisis berdasarkan beban WIM serta analisis gempa secara non-linear dengan harapan dapat dilakukan optimasi penampang jembatan akibat adanya pembatasan kendaraan. Analisis ini bertujuan mendapat gambaran seberapa besar efek pembatan kendaraan terhadap optimasi yang bisa dilakukan terhadap struktur jembatan dengan tetap mengacu pada syarat keandalan minimum yang diatur oleh AASHTO. AASHTO mensyaratkan nilai ? minimum sama dengan 3.5 untuk beban statik dan dengan menurunkan 1 orde maka nilai ? minimum untuk beban dinamik sekitar 3.0. Jika syarat-syarat ini tidak dapat terpenuhi maka perlu adanya perkuatan pada struktur ataupun menambahan elemen peredam gempa supaya nilai ? dapat meningkat. Kata kunci : Jembatan, keandalan, WIM, non-linear time history analysis, ?