Artikel Terbaru

PERANCANGAN INTERIOR SEKOLAH DALAM MEMAKSIMALKAN FUNGSI RUANG TERHADAP METODE PEMBELAJARAN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK BERBASIS SENI, MUSIK, DAN OLAHRAGA (STUDI KASUS: SEKOLAH KB-TK-SD BIANGLALA, KOTA BANDUNG)

Oleh   Istri Hardianti Kusumadewi [17317027]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Prabu Wardono, M.Des.;Miranti Sari Rahma, S.T., M.Ds.;Etika Vidyarini, M.Ds., Ph.D.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : FSRD - Desain Interior
Fakultas : Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
Subjek :
Kata Kunci : Pendidikan, Masa Kanak-kanak, Eksplorasi
Sumber :
Staf Input/Edit : Noor Pujiati.,S.Sos  
File : 1 file
Tanggal Input : 2021-09-20 08:04:13

Generic placeholder image
2021 TA PP ISTRI HARDIANTI KUSUMADEWI 1.pdf ]

Terbatas
» ITB


Kualitas pendidikan di Indonesia berturut-turut menempati peringkat paling bawah selama tiga periode terakhir berdasarkan hasil survey Programme International Student Assesment (PISA). Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah motivasi dan persepsi anak terhadap belajar yang masih keliru. Pendidikan dipandang hanya persoalan akademis, nilai tinggi, menguasai seluruh mata pelajaran, dan terasa kaku sehingga anak tidak memiliki kebebasan berekspresi dan eksplorasi. Padahal tercantum dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, fungsi dari pendidikan adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter anak di masa yang akan datang. Banyak upaya yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, namun tidak banyak yang sadar bahwa perubahan yang paling berpengaruh adalah dimulai dari pendidikan di masa kanak-kanak atau setara dengan jenjang pendidikan anak usia dini sampai pendidikan dasar. Sekolah KB-TKSD Bianglala Kota Bandung sebagai studi kasus dalam penelitian ini mengintegrasikan seni, musik, dan olahraga sebagai metode pembelajaran dan pembentukan karakter anak. Upaya tersebut diharapkan dapat mewujudkan fungsi pendidikan yang seharusnya dengan tetap memerhatikan keunikan dan kemampuan individual tiap anak. Pada kondisi eksisting, Sekolah KB-TK-SD Bianglala memiliki ruang-ruang yang kurang dioptimalkan fungsinya. Peran sarana prasarana pada proses pendidikan sangat penting. Berdasarkan penjelasan di atas, solusi atau gagasan yang ditawakan yaitu perancangan interior sekolah yang dapat mengoptimalkan fungsi ruang yang ada di Sekolah KB-TK-SD Bianglala dengan mengintegrasikan nilai-nilai seni, musik, dan olahraga untuk dapat mendukung proses belajar-mengajar dan tumbuh kembang anak.