digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2007 TS PP EDDY NURMANTO 1-BAB1.pdf

File tidak tersedia

2007 TS PP EDDY NURMANTO 1-BAB2.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP EDDY NURMANTO 1-BAB3.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP EDDY NURMANTO 1-BAB4.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP EDDY NURMANTO 1-COVER.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP EDDY NURMANTO 1-PUSTAKA.pdf
File tidak tersedia

ABSTRAK: Universitas Padjadjaran (Unpad) merupakan salah satu universitas terbesar di Indonesia. Pada era persaingan global saat ini universitas menghadapi tantangan dan ancaman yang ada memerlukan suatu rencana strategis dalam menjalankan misi untuk mencapai visinya. Pergeseran paradigma strategi pembangunan bangsa yang sudah mulai mengarah pada Knowledge Based Economy, diperlukan teknologi informasi dan komunikasi yang berperan sebagai pendukung dan muatan utama produk nasional. Perguruan tinggi tentunya memiliki peran penting dalam mewujudkan rencana strategi tersebut. Salah satu masalah yang dihadapi Unpad untuk mengambil peran penting dalam pembangunan Knowledge Based Economy adalah pengelolaan sumber daya pengetahuan yang berbasis teknologi. Masih sedikit sumber daya informasi dan pengetahuan Universitas Padjadjaran yang didesiminasi melalui media jaringan Internet. Di sisi lain sebagian besar masyarakat yang terjun dalam Knowledge Based Economy sudah menjadikan media jaringan internet sebagai media utama pertukaran informasi dan pengetahuannya. Untuk itu diperlukan suatu solusi yang dapat menjembatani pertukaran informasi yang lebih efektif dan efisien. Aplikasi weblog yang berbasis teknologi web merupakan salah satu jalan keluarnya. Aplikasi ini sesuai dengan model spiralisasi pengetahuan untuk mewujudkan suatu Knowledge Management yang berkelanjutan. Untuk mengetahui secara lebih dalam mengenai perilaku calon pengguna yang sudah berkecimpung dalam media jaringan internet, Penulis melakukan exploratory research terhadap pengguna situs www.unpad.ac.id. Tujuannya adalah membuktikan bahwa aplikasi weblog akan dapat diterima dengan baik di lingkungan Universitas Padjadjaran pada khususnya. Didukung dengan strategi pemasaran yang baik secara fisik dan electronik aplikasi weblog dapat menjawab permasalahan pengelolaan pengetahuan yang berkelanjutan yang dihadapi Universitas Padjadjaran.