Article Details

FORECASTING JUMLAH PENGUNJUNG MENGGUNAKAN HOLT’S EXPONENTIAL SMOOTHING DENGAN PENGUMPULAN DATA BERBASIS CCTV ANALYTIC (CASE STUDY : STASIUN BANDUNG)

Oleh   Hanavi [23219008]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Fadhil Hidayat, S.Kom., M.T.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : STEI - Teknik Elektro
Fakultas : Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)
Subjek :
Kata Kunci : Sistem Pengawasan, People Counting, Intelligent CCTV Analytic, Yolo, Forecasting, Holt’s Exponential Smoothing
Sumber :
Staf Input/Edit : karya  
File : 0 file
Tanggal Input : 2021-09-07 14:59:48

Tidak ada file


Tingginya interaksi masyarakat di ruang publik atau lokasi lainnya menjadi tantangan serius untuk perbaikan sistem pengawasan. Sistem pengawasan Close Circuit Televison (CCTV) yang diharapkan sebagai langkah solutif namun faktanya belum kontributif. CCTV yang pasif monitoring dan tidak memberikan feedback perlu perbaikan agar menjadi monitoring cerdas yang mampu mengenal objek dan menghitung jumlah orang. Meskipun penelitian people counting telah dilakukan, namun issue terkait terhitungnya objek yang sama berulang kali di lokasi ruang tunggu atau pelayanan (slow moving objek) masih menjadi masalah dan belum terjawab bagaimana memanfaatkan data yang telah terkumpul. Menggunakan tahapan Design Science Research Methodolgy (DSRM), penelitian menghasilkan artifacts untuk mensolusikan permasalahan melalui tahapan perancangan artifacts, demonstrasi artifacts dan evaluasi artifacts. Artifacts berupa metode dan model menjawab tujuan penelitian untuk meminimalisir terhitungnya objek yang sama berulang kali dan menganalisis dataset counting untuk melihat trend jumlah pengunjung berdasarkan data case study stasiun Bandung. Hasil artifact metode penanganan lost centroid berhasil memaksimalkan akurasi counting dari 42% menjadi 72% di lokasi slow moving. Rata-rata akurasi di lima lokasi stasiun Bandung yaitu 85.4% dengan tertinggi 94% di lokasi pintu selatan jarak dekat dan terendah di lokasi ruang tunggu utara pintu masuk yaitu 73%. Hasil artifact modelling forecasting holt’s exponential smoothing berhasil meramalkan trend jumlah pengunjung dengan nilai RMSE terendah 22.12 di lokasi pintu masuk utara.