digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Nurul Khotimah
PUBLIC Taupik Abidin


menghadiri acara penting, sehingga mereka membutuhkan layanan Makeup Artist (MUA). Didukung oleh kemajuan teknologi di mana pelanggan mulai meninggalkan cara tradisional untuk menemukan MUA dari salon di dekat rumah mereka yang kualitasnya tidak diketahui, sehingga platform layanan MUA bermunculan. Jumlah MUA yang tersebar di seluruh Indonesia telah mencapai 500.000. Peluang bisnis yang besar sebagai MUA di Indonesia berarti MUA harus mampu mempertahankan bisnisnya dalam menghadapi persaingan karena konsumen memiliki banyak pertimbangan dalam memilih dan membeli jasa. Di sisi lain, MUA masih kesulitan mendapatkan pelanggan dan layanan MUA masih belum mengetahui keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan keputusan pembelian konsumen untuk layanan MUA, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian untuk layanan MUA, dan komunikasi pemasaran yang sesuai untuk keputusan pembelian pelanggan. Data dianalisis dengan metode campuran, secara kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan dalam wawancara mendalam dengan pengkodean dan metode kuantitatif dengan mendistribusikan kuesioner secara online menggunakan SmartPLS 3.0. Penelitian ini melibatkan 219 responden dengan peserta yang merupakan perempuan pada usia 16 - 39 tahun di Bandung dan sekitarnya. Hasil analisis kualitatif dari penjelasan informan dibagi menjadi delapan subjek yaitu, alasan penggunaan layanan MUA, pemenuhan kebutuhan, waktu spesifik, sumber informasi, pertimbangan ketika memilih layanan MUA, perbandingan layanan MUA, kepuasan pelanggan, dan pertimbangan ketika memilih platform layanan MUA. Penelitian analisis kuantitatif mengungkapkan bahwa risiko yang dirasakan, promosi penjualan dan pemasaran langsung memiliki hubungan signifikan negatif pada keputusan pembelian, sedangkan kekuatan dasi dan keterlibatan memiliki hubungan signifikan yang positif pada pengaruh WOM. Sementara itu, pengaruh WOM dan iklan memiliki hubungan positif yang signifikan pada keputusan pembelian untuk layanan MUA. Temuan penelitian ini memberikan rekomendasi kepada layanan MUA untuk fokus pada iklan, menyediakan fitur ulasan, dan membuat portofolio yang menarik