ABSTRAK Nurul Khotimah
PUBLIC Taupik Abidin 2021 TA PP NURUL KHOTIMAH 1-FULL.pdf?
PUBLIC Taupik Abidin
menghadiri acara penting, sehingga mereka membutuhkan layanan Makeup Artist (MUA).
Didukung oleh kemajuan teknologi di mana pelanggan mulai meninggalkan cara tradisional untuk
menemukan MUA dari salon di dekat rumah mereka yang kualitasnya tidak diketahui, sehingga
platform layanan MUA bermunculan. Jumlah MUA yang tersebar di seluruh Indonesia telah
mencapai 500.000. Peluang bisnis yang besar sebagai MUA di Indonesia berarti MUA harus
mampu mempertahankan bisnisnya dalam menghadapi persaingan karena konsumen memiliki
banyak pertimbangan dalam memilih dan membeli jasa. Di sisi lain, MUA masih kesulitan
mendapatkan pelanggan dan layanan MUA masih belum mengetahui keputusan pembelian
konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan keputusan pembelian konsumen untuk layanan
MUA, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian untuk layanan MUA, dan
komunikasi pemasaran yang sesuai untuk keputusan pembelian pelanggan. Data dianalisis dengan
metode campuran, secara kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan dalam wawancara
mendalam dengan pengkodean dan metode kuantitatif dengan mendistribusikan kuesioner secara
online menggunakan SmartPLS 3.0. Penelitian ini melibatkan 219 responden dengan peserta yang
merupakan perempuan pada usia 16 - 39 tahun di Bandung dan sekitarnya. Hasil analisis kualitatif
dari penjelasan informan dibagi menjadi delapan subjek yaitu, alasan penggunaan layanan MUA,
pemenuhan kebutuhan, waktu spesifik, sumber informasi, pertimbangan ketika memilih layanan
MUA, perbandingan layanan MUA, kepuasan pelanggan, dan pertimbangan ketika memilih
platform layanan MUA. Penelitian analisis kuantitatif mengungkapkan bahwa risiko yang
dirasakan, promosi penjualan dan pemasaran langsung memiliki hubungan signifikan negatif pada
keputusan pembelian, sedangkan kekuatan dasi dan keterlibatan memiliki hubungan signifikan
yang positif pada pengaruh WOM. Sementara itu, pengaruh WOM dan iklan memiliki hubungan
positif yang signifikan pada keputusan pembelian untuk layanan MUA. Temuan penelitian ini
memberikan rekomendasi kepada layanan MUA untuk fokus pada iklan, menyediakan fitur ulasan,
dan membuat portofolio yang menarik