2021 TA PP HANIFAH FATHARANI 1.pdf
]
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Media digital dan internet kini menjadi kebutuhan pokok bagi beberapa
kelompok, khususnya kalangan anak dan remaja sebagai penunjang kebutuhan
akademik, interaksi sosial maupun hiburan. Penetrasi internet yang tinggi ternyata
tidak berbanding lurus dengan tingkat pemahaman literasi digital di masyarakat
Indonesia. Contoh dari dampak negatif dari internet dan media digital seperti
misinformasi, hoaks, cyberbullying, plagiarisme, peretasan, keamanan privas,
kecanduan game dan pornografi. Proses Pendidikan literasi digital harus mulai
dikenalkan sejak usia dini dengan tata cara pendidikan literasi digital yang
terstruktur baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah. Oleh
karena itu, perancangan media interaktif berupa buku aplikasi ini dibuat dengan
tujuan memperkenalkan konsep Kewarganegaraan Digital (Digital Citizenship)
dengan metode yang atraktif kepada kalangan anak usia 8-10 tahun. Literasi digital
dan etika digital sebagai elemen dari kewarganegaraan digital akan dibahas
melalui pendekatan game-based learning yang berfokus dalam pengembangan
literasi digital melalui aspek kultural, kognitif, serta komunikatif. Tujuan
perancangan media interaktif buku aplikasi dengan bermuatan literasi dan etika
digital dapat menjadi penunjang pembelajaran berbasis digital yang dimulai dari
lingkungan keluarga.