digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TA PP HANIFAH FATHARANI 1.pdf ]
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Media digital dan internet kini menjadi kebutuhan pokok bagi beberapa kelompok, khususnya kalangan anak dan remaja sebagai penunjang kebutuhan akademik, interaksi sosial maupun hiburan. Penetrasi internet yang tinggi ternyata tidak berbanding lurus dengan tingkat pemahaman literasi digital di masyarakat Indonesia. Contoh dari dampak negatif dari internet dan media digital seperti misinformasi, hoaks, cyberbullying, plagiarisme, peretasan, keamanan privas, kecanduan game dan pornografi. Proses Pendidikan literasi digital harus mulai dikenalkan sejak usia dini dengan tata cara pendidikan literasi digital yang terstruktur baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, perancangan media interaktif berupa buku aplikasi ini dibuat dengan tujuan memperkenalkan konsep Kewarganegaraan Digital (Digital Citizenship) dengan metode yang atraktif kepada kalangan anak usia 8-10 tahun. Literasi digital dan etika digital sebagai elemen dari kewarganegaraan digital akan dibahas melalui pendekatan game-based learning yang berfokus dalam pengembangan literasi digital melalui aspek kultural, kognitif, serta komunikatif. Tujuan perancangan media interaktif buku aplikasi dengan bermuatan literasi dan etika digital dapat menjadi penunjang pembelajaran berbasis digital yang dimulai dari lingkungan keluarga.