digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TA PP NAWWAF HUSEIN 1.pdf?
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Masa awal remaja atau early adolescence merupakan masa di mana anak sudah mulai mengalami perubahan-perubahan baik secara fisik, emosional, serta psikologi. Sementara itu, sistem pendidikan di Indonesia sangatlah terpaku pada metode berpikir konvergen yang sangat membatasi kreativitas sang anak. Apabila tidak dibimbing dengan baik, maka anak remaja akan kehilangan arah dan tidak akan menjunjung tinggi pola pikir kreatif di masa perkembangan hidupnya. Secara psikologis masa awal remaja merupakan masa di mana anak mulai ingin bersaing dengan teman sebayanya dan menginginkan sebuah validasi. sang anak akan mulai mencoba banyak hal baru, mengikuti langkah temannya baik ke arah yang baik ataupun buruk karena rasa ingin diakui oleh orang lain. Ditambah dengan maraknya media hiburan dalam bentuk digital yang membuat mereka kecanduan dan sering melupakan potensi kreativitas yang dimiliki karena terlalu sibuk terdoktrinisasi unsur dari luar. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah alternatif media permainan edukasi lain yang dapat mengasah kreativitasnya melalui keinginan remaja untuk bersaing dengan adil dan sehat, melihat banyaknya stigma di kalangan remaja bahwa mainan hanyalah untuk anak kecil dan sudah tidak menyenangkan untuk mereka. Dengan mengikuti trend serta perkembangan Urban Toys di Indonesia, terbukalah berbagai macam potensi untuk mengembangkan suatu mainan yang dapat mereka jadikan hobi yang sehat tentunya baik untuk memelihara kreativitas mereka.