digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2007 TA PP AVANTY ADZANNY 1-COVER.pdf
PUBLIC Vika Anastasya Kovariansi

2007 TA PP AVANTY ADZANNY 1-BAB1.pdf
PUBLIC Vika Anastasya Kovariansi

2007 TA PP AVANTY ADZANNY 1-BAB2.pdf
PUBLIC Vika Anastasya Kovariansi

2007 TA PP AVANTY ADZANNY 1-BAB3.pdf
PUBLIC Vika Anastasya Kovariansi

2007 TA PP AVANTY ADZANNY 1-BAB4.pdf
PUBLIC Vika Anastasya Kovariansi

2007 TA PP AVANTY ADZANNY 1-BAB5.pdf
PUBLIC Vika Anastasya Kovariansi

2007 TA PP AVANTY ADZANNY 1-PUSTAKA.pdf
PUBLIC Vika Anastasya Kovariansi

Abstrak: Kenaikan jumlah pengunjung yang datang ke Bandung memicu persaingan dalam bisnis perhotelan. Persangan menjadi lebih ketat lagi dengan munculnya hotel-hotel baru dan servis apartemen di Bandung yang menawarkan keunikannya masing-masing. Situasi ini memaksa manajemen hotel untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi agar dapat mempertahankan posisinya. Salah satu dari hotel-hotel tersebut adalah Grand Hotel Preanger. Hotel Preanger adalah hotel berbintang lima dan merupakan salah satu landmark kota Bandung. Tetapi sampai saat ini Hotel Preanger tidak memilki sistem pengukuran kinerja yang stratejik untuk mendukung proses perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu kerangka kerja pengukuran kinerja yang sesuai untuk Hotel Preanger dengan menggunakan metode The Performance Prism. Dalam merancang kerangka kerja pengukuran kinerja, penelitian ini menggunakan Key Performance Indicator (KPI) untuk customer satisfaction and contribution, operations processes, operations strategies, dan people capabilities. KPI ini didapatkan dari Hotel Preanger melalui wawancara dan guest comment agar kerangka kerja pengukuran kinerja ini sesuai dengan keadaan perusahaan saat ini. Hasil dari penelitian ini adalah alat pengukuran kinerja menggunakan metode The Performance Prism dengan KPI untuk mengukur kinerja Hotel Preanger. Penelitian ini juga memberikan beberapa rekomendasi yang didapatkan dari guest comment. Rekomendasi ini mencakup perbaikan untuk area parkir, interior, dan kamar hotel.