digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TA PP SIMON RICHARDO 1.pdf ]
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Maritim yang berarti hal-hal yang bersangkutan dengan laut, adalah satu kata yang tidak bisa dipisahkan dari identitas Indonesia sebagai negara kepulauan. Dengan permukaan wilayah Indonesia yang sebagian besar adalah perairan, Indonesia tidak bisa menghiraukan kemaritimannya. Pariwisata yang menjadi daya tarik wisatawan luar untuk datang ke Indonesia, transportasi laut yang menyatukan bangsa Indonesia yang berada di pulau yang berbeda, dan kebijakan-kebijakan yang dibentuk dalam usaha untuk melindungi dan mempertahankan kemaritiman Indonesia, Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya bahkan sejarah Indonesia terpengaruh oleh Kemaritimanya. Akan tetapi kebanyakan dari hal-hal yang disebut tadi masih perlu perhatian lebih dari pemerintah dan masyarakat Indonesia, sayangnya topik ini jarang menjadi perhatian masyarakat termasuk bagi generasi remaja Indonesia. Sebagai harapan masa depan Indonesia, pengetahuan dan keperdulian terhadap kemaritiman Indonesia perlu dikembangkan, sehingga perlu dirancang media yang dapat memicu rasa urgensi terhadap keadaan maritim Indonesia saat ini dan kedepannya yang dapat melibatkan interaksi remaja sebagai daya tariknya. Salah satu media yang melibatkan interaksi antar individu dan memerlukan pengertian akan sistem penggunaannya adalah Board game. Perancangan ini dilakukan dengan menggunakan data yang didapat melalui studi pustaka, wawancara pakar, dan survei kepada khalayak sasaran yang dianalisis dengan teori boar dgame. Board game yang dirancang bergenre eurogame yang mengutamakan strategi dan menggunakan gaya visual semi-realis. Konten yang diutamakan dari media ini adalah nilai dan efek dari strategi penggunaan ekonomi kemaritiman bagi Indonesia. Permainan yang di berikan dari Board game ini diharapkan dapat menyampaikan pentingnya mengelola dan menggunakan ekonomi kemaritiman untuk kemajuan Indonesia.