Mengikuti kemajuan dunia fashion dan dunia perfilman, semakin banyak
ditemukannya fenomena dimana masyarakat menemukan inspirasi dari film yang
mereka tonton, terutama dalam menemukan inspirasi gaya berpakaian melalui
desain kostum pada film tersebut.
Penelitian ini membahas tentang hubungan desain kostum pada film dengan
ketertarikan penonton khususnya perempuan dewasa muda dan mengidentifikasi
faktor ketertarikan mereka terhadap produk fashion serupa atau mirip sebagai
konsumen dengan menggunakan gaya berpakaian pada tiga film, The Devil Wears
Prada (2006), Sex and The City: The Movie (2008) dan Crazy Rich Asians (2018),
yang terpilih melalui kuesioner yang diikuti oleh beberapa ahli di bidang fashion.
Analisis dilakukan terhadap 258 jawaban kuesioner responden perempuan dewasa
muda (18-24 tahun) berdomisili di Indonesia untuk mengetahui persepsi dan
preferensi mereka terhadap gaya berpakaian pada desain kostum ketiga film
tersebut. Responden disajikan 4 contoh gaya berpakaian yang mewakilkan desain
kostum untuk masing-masing film dan responden diminta untuk memilih gaya
berpakaian yang paling menarik bagi mereka dan memberikan alasan akan pilihan
yang mereka pilih. Berdasarkan analisis ini, dapat dilihat disimpulkan bahwa jika
penonton tertarik dan merasa cocok dengan gaya berpakaian yang dipakai oleh
seorang karakter, maka ia akan memiliki keinginan untuk mengkonsumsi produk
fashion serupa atau mirip dengan tampilan desain kostum pada film tersebut.