COVER Bintari Pangesti Putri
PUBLIC sarnya BAB 1 Bintari Pangesti Putri
PUBLIC sarnya BAB 2 Bintari Pangesti Putri
PUBLIC sarnya BAB 3 Bintari Pangesti Putri
PUBLIC sarnya BAB 4 Bintari Pangesti Putri
PUBLIC sarnya BAB 5 Bintari Pangesti Putri
PUBLIC sarnya BAB 6 Bintari Pangesti Putri
PUBLIC sarnya
2021_TS_PP_BINTARI_PANGESTI_PUTRI DAFUS.pdf
]
Terbatas sarnya
» ITB
Terbatas sarnya
» ITB
2021_TS_PP_BINTARI_PANGESTI_PUTRI LAMPIRAN.pdf
]
Terbatas  sarnya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  sarnya
» Gedung UPT Perpustakaan
2021_TS_PP_BINTARI_PANGESTI_PUTRI JURNAL.pdf)u
Terbatas  sarnya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  sarnya
» Gedung UPT Perpustakaan
Pandemi Covid-19 telah berdampak langsung pada perubahan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia. Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memberikan dampak yang sangat kompleks terutama bagi sektor pariwisata yang keberlangsungannya dipengaruhi oleh mobilitas manusia. Namun disisi lain kredibilitas sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dimanfaatkan oleh pemerintah. Adapun salah satu strategi yang dilakukan adalah berkolaborasi dengan melibatkan peran aktif generasi milenial sebagai penggerak dan pelaku yang diharapkan dapat menyebarkan konten positif terkait implementasi protokol kesehatan, kebersihan, aman, dan nyaman untuk meningkatkan kepercayaan publik untuk berwisata di dalam negeri.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi perilaku wisatawan milenial Pulau Jawa. Wisatawan milenial yang dimaksud adalah mereka yang lahir pada 1980-1996, sesuai hasil sensus penduduk BPS pada 2020. Dengan mengetahuinya, diharapkan pemerintah dan pelaku bisnis pariwisata dapat membuat kebijakan dan memenuhi kebutuhan wisatawan guna tercapainya pembangunan pariwisata yang efisien dan tepat sasaran.
Penelitian dilakukan tepat setahun setelah kasus Covid-19 di Indonesia, yakni pada April 2021. Melalui penyebaran e-kuesioner kepada 350 responden, data dianalisis menggunakan tiga teknik analisis diantaranya, analisis statistik deskriptif, analisis faktor eksploratori, dan analisis tabulasi silang.
Penelitian ini menemukan bahwa terdapat perubahan perilaku pada wisatawan milenial Pulau Jawa. Diperoleh tujuh faktor motivasi berwisata yang terbentuk dari 27 variabel motivasi. Wisatawan cenderung memilih wisata kuliner, outdoor activities, wisata alam (melihat pemandangan dan pantai), dan staycation. Lebih memilih menggunakan akomodasi pribadi/ kerabat dan hotel bintang 4, dan menggunakan transportasi pribadi. Pemililan komponen 3A pariwisata tersebut karena alasan faktor protokol kesehatan dan faktor relaksasi.