digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TA PP AFINA FAKHIRINI B. 1.pdf)u
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Kota Cimahi memiliki potensi yang besar dalam sentra perdagangan karena secara geografis terletak di persimpangan jalur kegiatan ekonomi regional dan berdampingan dengan Ibu Kota Jawa Barat yaitu Kota Bandung. Kondisi tersebut memberi dampak yang negatif karena Kota Cimahi menjadi tertutupi eksistensinya oleh Kota Bandung, terlebih daya tarik fasilitas Kota Cimahi yang dinilai rendah oleh masyarakat mengakibatkan fasilitas perdagangan Kota Cimahi sepi pengunjung dan potensi yang dimiliki oleh Kota Cimahi menjadi tidak terlihat di mata masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi cara menambah daya tarik Pusat Perbelanjaan Kota Cimahi, mengidentifikasi dan menginterpretasikan solusi permasalahan ke dalam perancangan interior, dan membuat perancangan yang erat dengan masyarakat secara budaya, identitas, dan kulturnya sehingga fasilitas dapat menjadi representasi Masyarakat Kota Cimahi. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini akan menggunakan mix methods yaitu kombinasi antara kualitatif dan kuantitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penyebaran kuisioner online, studi pustaka, survey lapangan, dan analisis komparatif. Pendekatan desain didasari oleh pergeseran fungsi Shopping Mall yang seiring perkembangan zaman tidak hanya berfungsi sebagai sarana kegiatan berbelanja namun juga kegiatan komunitas dan rekreasi, sehingga penulis akan merancang fasilitas di dalam Pusat Perbelanjaan Kota Cimahi yang menarik, unik, berbeda dari fasilitas sejenisnya dan sesuai dengan preferensi target pengguna utama sehingga dapat menambah eksistensi dan daya tarik Fasilitas Kota Cimahi. Dasar konsep perancangan berupa kata kunci yang dipilih berdasarkan latar belakang isu permasalahan, analisa preferensi pengguna, dan tujuan perancangan adalah cultural, natural, dan unique. Konsep berfokus pada penerapan dan pengenalan kultur masyarakat ke dalam elemen interior dipadukan dengan pensuasanaan natural yang dibangun serta berpacu pada kata kunci unique sehingga hasil rancangan memiliki ciri khas yang lebih menonjol dan menarik jika dibandingkan dengan fasilitas sejenis.