ABSTRAK P Fridericiana Marie
PUBLIC Taupik Abidin Final Project_Pasasa Fridericiana Marie.pdf
PUBLIC Jufrizal Effendi, S.Sos
Sektor kosmetik di Indonesia terus menunjukkan perkembangan yang positif, didorong oleh
pertumbuhan kelas menengah ke atas dan perkembangan teknologi, khususnya di kalangan
konsumen perempuan. Keberadaan toko fisik memegang peranan besar yang mempengaruhi
keputusan pembelian pelanggan di masa yang akan datang, baik secara online maupun offline.
Fenomena ini menarik perusahaan The Daily Maiimi yang bertujuan mengembangkan bisnis, untuk
ikut mengembangkan toko fisik dan melayani pasar yang lebih besar. Namun, dikarenakan
fenomena pandemi COVID-19, toko fisik sangat terdampak karena pemerintah mewajibkan tiap
individu untuk menerapkan aturan-aturan seperti social distancing. Dengan demikian, memahami
atribut dari toko fisik di industri kosmetik yang berperan dalam keputusan pembelian pelanggan
menjadi penting untuk merencanakan strategi & memaksimalkan perencanaan toko offline di masa
depan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis atribut toko offline di industri kosmetik selama
COVID-19 yang mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan. Peneliti menganalisis lima
konstruksi utama mengenai atribut toko offline; suasana toko, tampilan toko, layanan pelanggan,
pengalaman berbelanja, dan protokol kebersihan & keamanan. Peneliti menggunakan metode
kuantitatif dengan program SPSS untuk memproses data menggunakan analisis regresi linear
berganda dan analisis deskriptif. Penelitian diterapkan pada pelanggan toko offline merk The Body
Shop dan Bath & Body Works yang menawarkan produk sejenis dan berlokasi di wilayah Bandung,
Bali, dan Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan empat variabel independen suasana toko,
tampilan toko, pengalaman berbelanja, dan protokol kebersihan & keamanan berpengaruh positif
terhadap perilaku pembelian pelanggan di toko offline selama COVID-19 di industri kosmetik.