digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK P Fridericiana Marie
PUBLIC Taupik Abidin

Final Project_Pasasa Fridericiana Marie.pdf
PUBLIC Jufrizal Effendi, S.Sos

Sektor kosmetik di Indonesia terus menunjukkan perkembangan yang positif, didorong oleh pertumbuhan kelas menengah ke atas dan perkembangan teknologi, khususnya di kalangan konsumen perempuan. Keberadaan toko fisik memegang peranan besar yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan di masa yang akan datang, baik secara online maupun offline. Fenomena ini menarik perusahaan The Daily Maiimi yang bertujuan mengembangkan bisnis, untuk ikut mengembangkan toko fisik dan melayani pasar yang lebih besar. Namun, dikarenakan fenomena pandemi COVID-19, toko fisik sangat terdampak karena pemerintah mewajibkan tiap individu untuk menerapkan aturan-aturan seperti social distancing. Dengan demikian, memahami atribut dari toko fisik di industri kosmetik yang berperan dalam keputusan pembelian pelanggan menjadi penting untuk merencanakan strategi & memaksimalkan perencanaan toko offline di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis atribut toko offline di industri kosmetik selama COVID-19 yang mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan. Peneliti menganalisis lima konstruksi utama mengenai atribut toko offline; suasana toko, tampilan toko, layanan pelanggan, pengalaman berbelanja, dan protokol kebersihan & keamanan. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan program SPSS untuk memproses data menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis deskriptif. Penelitian diterapkan pada pelanggan toko offline merk The Body Shop dan Bath & Body Works yang menawarkan produk sejenis dan berlokasi di wilayah Bandung, Bali, dan Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan empat variabel independen suasana toko, tampilan toko, pengalaman berbelanja, dan protokol kebersihan & keamanan berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian pelanggan di toko offline selama COVID-19 di industri kosmetik.