digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Shafa Dewi Nugroho
PUBLIC Taupik Abidin

Final Project_Shafa Dewi Nugroho.pdf
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM

Informasi memiliki peranan penting dalam menentukan kemampuan seorang peternak mengoptimalkan produktivitas ternak. Sumber informasi eksternal, baik digital maupun tradisional, sangat penting bagi peternak dan mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Kelompok komunitas daring merupakan salah satu sumber yang kerap digunakan oleh peternak dan di dalamnya pengaruh interpersonal cenderung terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interpersonal di dalam grup “Peternak Ayam” pada Mei 2021. Metode yang digunakan adalah Netnografi dan berdasar pada kerangka retorika dari Aristoteles (pathos, logos, dan ethos). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anggota menggunakan pengaruh interpersonal di dalam grup dengan menetapkan harapan, meresepkan, mengklaim keahlian, merayakan persetujuan, dan mutualitas. Mengklaim keahlian merupakan pengaruh interpersonal yang paling banyak ditemukan beserta daya tarik ethos. Pemasar disarankan mengadopsi tipe-tipe pengaruh interpersonal dan strategi retorika saat menawarkan produk peternakan di dalam grup “Peternak Ayam”