Tren piyama harian, akhir-akhir ini sedang popular di industry busana. Seiring dengan
berkembangnya tren, merek berlomba-lomba mengikuti tren dengan menawarkan piyama harian
sebagai produknya baik merek yang sudah mapan maupun merek baru. Selain itu, ada banyak
merek dan juga banyak produk piyama harian di pasar. Situasi ini menunjukkan bahwa persaingan
yang tinggi dalam pasar piyama harian, yang dapat membuat bisnis mengalami pengurangan
keuntungannya. Menghadapi situasi ini, merek perlu memahami konsep niat beli konsumen untuk
dapat memprediksi pembelian yang sebenarnya, yang dapat membantu merek untuk
mengembangkan strategi pemasaran untuk akhirnya membantu merek menjadi kompetitif
mengacu pada persaingan saat ini dalam industri. Selain itu, memahami niat beli konsumen akan
membuat merek memahami motivasi konsumen yang selanjutnya membuat merek dapat
mengembangkan strategi pemasaran yang tepat untuk produknya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat pakaian dan niat beli pada produk
piyama sehari-hari. Variabel dalam penelitian ini adalah; sikap, norma subjektif, kontrol perilaku
yang dirasakan, kebutuhan akan keunikan, konsep diri, mulut ke mulut, citra merek, kualitas yang
dirasakan, kesadaran harga, dan niat pembelian. Untuk menganalisis hasil data dari 215
responden, penulis menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM)
dengan tool SmartPLS. Hasil penelitian menemukan bahwa sikap dan control perilaku yang
dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian terhadap produk busana
piyama harian. Sikap dalam penelitian ini menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap
piyama sehari-hari. Di sisi lain, kebutuhan akan keunikan, mulut ke mulut, citra merek, dan
persepsi kualitas menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi minat pakaian dalam produk busana
piyama harian. Temuan dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang
mendalam bagi merek mengenai prediktor niat beli terhadap produk fashion piyama sehari-hari
dan untuk studi masa depan.