digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pemanfaatan teknologi informasi pada sistem pendidikan memiliki manfaat seperti penghematan biaya operasional serta memudahkan akses pembelajaran. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi pada sistem pendidikan yaitu pembuatan sistem pembelajaran secara daring. Pada tingkatan universitas, pemanfaatan teknologi informasi pada sistem pendidikan juga dapat diterapkan dalam pengerjaan tugas akhir mahasiswa. Pengerjaan tugas akhir membutuhkan komunikasi yang intens dengan dosen terkait, pembelajaran mandiri, eksplorasi,kemudian komitmen yang kuat dari mahasiswa apalagi dimasa pandemic covid-19 ini hal – hal tersebut sangat sulit dilakukan. Terjadi banyak kasus juga saat pengerjaan tugas akhir secara daring ini dimana mahasiswa banyak yang kehilangan kontak dengan dosen pembimbing dan tidak menyelesaikan tugas – tugas yang diberikan tepat waktu. Oleh karena itu, metode pengajaran adaptive diadopsi untuk dapat menyelesaikan tantangan pengerjaan tugas akhir secara daring. Metode adaptive adalah metode yang memiliki fase-fase yang akan dan/atau sedang dilewati mahasiswa tugas akhir diselesaikan secara bertahap serta membagi seluruh mahasiswa ke dalam cluster pendukung. Pengadopsi metode adaptive ini akan ditranslasikan ke dalam fitur-fitur yang akan diilustrasikan ke dalam sistem manajemen tugas akhir. Sistem yang diimpmentasi dalam bentuk prototpye kemudian akan diuji dengan menggunakan uji kegunaan atau usability testing untuk dapat dinilai parameter usefulness, usability dan desirability-nya untuk dilihat kemampuannya dalam menghadapi tantangan pengerjaan tugas akhir secara daring. Hasil dan kesimpulan dari pengujian adalah pengguna sangat menyetujui bahwa fitur – fitur yang aka nada dalam siste digambarkan oleh prototype akan sangat berguna dalam optimasi pengerjaan tugas akhir.