ABSTRAK Nanda Satria Yudhistira
PUBLIC Irwan Sofiyan
COVER Nanda Satria Yudhistira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Nanda Satria Yudhistira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Nanda Satria Yudhistira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Nanda Satria Yudhistira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Nanda Satria Yudhistira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Nanda Satria Yudhistira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Nanda Satria Yudhistira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Nanda Satria Yudhistira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Penelitian tentang geometri dan optimasi penggunaan metastruktur sebagai
alternatif struktur penyerap energi pada sub-cargo pesawat didasari pada
peningkatan crashworthiness dari pesawat. Kecelakaan pada pesawat seringkali
terjadi saat fase takeoff maupun landing. Hal ini menyebabkan kerusakan pada
bagian sub-cargo pesawat dan berpotensi untuk mengancam keselamatan dari
penumpang. Oleh karena itu, pada penelitian ini, penggunaan struktur ringan
berbasis metastruktur untuk penyerap energi pada bagian sub-cargo pesawat akan
dipelajari karena struktur ini selain ringan, juga memiliki kemampuan yang baik
dalam penyerapan energi.
Kemampuan dari struktur ringan berbasis metastruktur akan dievaluasi secara
dinamik menggunakan metode elemen hingga untuk memperoleh specific energy
absorption (SEA). Dalam kasus ini, akan ada 4 faktor kontrol diantaranya geometri,
tinggi luar, sudut, dan material, dengan masing-masing faktor kontrol memiliki 3
level, yang kemudian analisis akan dilakukan menggunakan Analysis of Variance
(ANOVA) dan dioptimasi menggunakan metode Taguchi dengan output berupa
sensitivitas struktur terhadap faktor kontrol dan desain optimum struktur. Analisis
dilakukan pada unit sel. Terdapat lima jenis unit sel dengan geometri berbasis
metastruktur diuji diantaranya kubik, tetrahedron, double-arrowed auxetic (DAA),
double-U (DUH), dan re-entrant. Kemudian, unit sel hasil optimasi diaplikasikan
pada struktur sub-cargo pesawat terbang. Model pesawat terbang yang digunakan
adalah bagian belakang badan pesawat terbang Airbus A320. Uji drop-weight
dilakukan dengan kecepatan awal 9 m/s dan nantinya hasil penyerapan energi pada
sub-cargo berjenis DAA akan dibandingkan dengan struktur half-tube.
Hasil simulasi menunjukan struktur penyerap energi dengan jenis DAA pada subcargo
menghasilkan SEA sebesar 27,59 kJ/kg. Nilai SEA ini mengalami
peningkatan sebesar 48% jika dibandingkan dengan SEA yang dihasilkan struktur
half-tube. Hasil ini menunjukkan struktur dengan jenis DAA mampu menjadi salah
satu alternatif struktur penyerap energi pada pesawat terbang di masa depan.