digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK: Bisnis KPR saat ini mulai mengalami persaingan yang luar biasa ketat bahkan mulai memasuki era red ocean competitive melalui pemangkasan tingkat suku bunga dan biaya-biaya KPR. Hal tersebut juga dirasakan oleh Bank Permata yang dapat dikatakan baru mengepakan sayapnya di era perbankan Indonesia. Para marketer perbankan saat ini belum banyak belum melakukan analisa perilaku konsumen berdasarkan pada segmentasi pasar yang seharusnya lebih mikro dan mendalam, sehingga program marketing difokuskan kepada segi pricing semata, padahal masih banyak faktor faktor lain yang melekat di dalam target pasar tersebut, seperti edukasi, status sosial, ekonomi, dll, yang dapat dijadikan dasar dalam rangka merancang suatu program marketing yang bersifat dinamis serta sustain terhadap perubahan dan perkembangan pasar. Saat ini perusahaan tidak dapat menggunakan satu variabel segmentasi saja melainkan harus menggunakan multikriteria segmentasi sehubungan dengan kondisi pasar yang selalu berubah ubah. Dasar pertimbangan tersebut merupakan basis utama dalam pembuatan tesis ini, yaitu menentukan segmentasi pasar yang multi kriteria serta relevan terhadap bisnis KPR. Langkah selanjutnya adalah membuat model segmentasi dinamik dengan cara mengembangkan sistem yang mampu menyajikan hasil segmentasi secara simultan melalui sistem informasi. Kegiatan tersebut diharapkan dapat dijadikan dasar yang kuat dalam rangka merancang strategi dan program marketing KPR Bank Permata cabang Bandung. Penetapan variabel dalam model segmentasi dinamik tersebut dilakukan dengan menggunakan Focus Group Dicussion. Lalu setiap variabel segmentasi tersebut akan diukur efektifitasnya dengan teknik in depth interview melalui lima kriteria efektifitas segmentasi. Hasil akhir dari model segmentasi dinamik adalah para marketer dapat melihat tingkat efektifitas dari setiap kombinasi varibel segmentasi yang akan digunakan melalui sistem informasi.