digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TS PP PANDEGA PUTRA 1.pdf?_
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Perkembangan Industri kreatif di Indonesia saat ini terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal ini juga didukung oleh media informasi yang sangat mudah menjangkau para pengguna nya. Faktor tersebut mempengaruhi pola perubahan tren yang terjadi di masyarakat, salah satunya adalah tren Kustom Kulture, sebuah tren yang berasal dari masa lalu yaitu gaya hidup yang menekankan ekspresi diri dan diungkapkan dalam berbagai macam objek yang digunakan. Salah satunya adalah penggunaan alat transportasi, dalam hal ini sepeda motor. Para pelaku tren ini menggunakan kendaraan yang sesuai dengan karakter mereka atau melakukan modifikasi sesuai dengan yang mereka inginkan. Berangkat dari hal tersebut, muncul banyak penyedia jasa modifikasi yang mencoba memenuhi kebutuhan tersebut. Thrive Motorcycle adalah salah satu dari sekian banyak bengkel yang memiliki visi dan sudah dikenal hingga mancanegara. Walaupun sudah diakui oleh skena internasional, Thrive Motorcycle belum dikenal oleh masyarakat luas. Sebuah konten video yang informatif dapat semakin memperkuat keberadaan Thrive Motorcyle di ranah industri kreatif. Demi menciptakan sebuah karya yang sesuai dengan identitas Thrive Motorcycle, maka dilakukan pendekatan melalui teori Visual Metaphor yang dapat diterapkan dalam aspek sinematografi dan penyampaian pesan. Pendekatan teori ini akan menciptakan sebuah konten video yang berkarakter namun tetap komunikatif. Proses perancangan ini menggunakan metode kualitatif dengan cara melakukan wawancara terhadap narasumber dan studi kepustakaan sebagai dasar analisis dalam menentukan visual yang diinginkan. Hasil perancangan ini dapat digunakan sebagai alternatif pola komunikasi yang dapat digunakan dalam proses perancangan konten video dokumenter.