Article Details

MEMBUAT NILAI DENGAN DIGITAL PLATFORM, KASUS PERUSAHAAN UBER

Oleh   Nazwi Randy [29317380]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Isrochmani Murtaqi, S.E., M.Acc.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Administrasi Bisnis
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Subjek :
Kata Kunci : Platform Digital
Sumber :
Staf Input/Edit : Roosalina Vanina Viyazza   Roosalina Vanina Viyazza
File : 1 file
Tanggal Input : 22 Jul 2021

Tesis ini mengkaji proses penciptaan nilai dan bagaimana perusahaan dapat menangkap nilai yang mereka ciptakan. Ini terutama menganalisis peluang yang dimiliki perusahaan untuk menangkap nilai dari suatu inovasi. Kemampuan untuk memonetisasi inovasi sangat penting bagi perusahaan dan menentukan apakah mereka dapat membangun bisnis yang berkelanjutan. Tesis ini pertama-tama membahas penelitian sebelumnya dan menghubungkan teori untuk memperluas dan meningkatkan penerapannya. Bagian utama adalah studi kasus tentang Uber, sebuah perusahaan ride-hailing. Dalam studi kasus, perusahaan diperiksa secara menyeluruh dan teori-teori yang telah dibahas sebelumnya diterapkan untuk mengungkap bagaimana Uber menciptakan dan menangkap nilai. Tesis ini lebih lanjut menyoroti pentingnya efek jaringan dalam lingkungan yang kompetitif dalam sharing economy. Meskipun penciptaan nilai dan penangkapan nilai telah banyak dibahas dalam penelitian sebelumnya, tesis ini memberikan kontribusi dengan menerapkan teori tradisional dan baru akhir-akhir ini ke startup yang sedang naik daun yang telah menerima pendanaan yang cukup besar dan belum pernah terjadi sebelumnya dari para investornya. Memahami bagaimana Uber mencapai puncaknya dan bagaimana Uber menangkap nilai memberikan implikasi penting bagi perusahaan rintisan serupa lainnya dan membantu mereka dalam upaya mereka untuk berhasil.