2021 TA PP NUR AMELIA 1.pdf?_
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Pemanasan global dan kerusakan lingkungan merupakan isu global yang telah
menjadi masalah yang selalu dibahas dan dicari solusinya oleh masyarakat selama
beberapa dekade kebelakang. Kurangnya kesadaran masyarakat modern terutama
di perkotaan akan pentingnya menjaga lingkungan alam dan pesatnya laju
perkembangan industri dan teknologi memperburuk permasalahan yang terjadi.
Ketergantungan dan kecanduan teknologi serta berkurangnya area hijau di wilayah
perkotaan telah menyebabkan masalah hilangnya hubungan manusia, terutama
anak-anak dengan alam. Isu ini semakin menjadi perhatian ketika ditemukan
keterkaitan antara rusaknya lingkungan alam dan semakin jauhnya hubungan
manusia dengan alam, memberikan dampak negatif terhadap kesehatan manusia.
Apabila hal ini terus dibiarkan terjadi, maka bukan hanya akan memperburuk
kondisi kerusakan alam, melainkan juga memperburuk kondisi kesehatan manusia.
Penyelesaian masalah harus diterapkan ke dalam pendekatan yang lebih holistik
yaitu, pendidikan yang dapat menghubungkan anak-anak dengan alam. Pendidikan
usia dini memiliki peran yang sangat penting dalam membangun dasar pemikiran
dan memelihara pengetahuan dasar seseorang. Dalam penelitian ini Penulis
bermaksud untuk merancang sebuah fasilitas pendidikan formal dengan kurikulum
Montessori melalui pendekatan desain biofilik yang dapat membantu
menyelesaikan permasalahan tersebut.
Konsep desain yang dipakai dalam perancangan ini adalah berkembang bersama
alam. Konsep desain diuraikan menjadi organisasi ruang, bentuk, warna, material,
furnitur, tata cahaya, penghawaan, dan suasana dengan menerapkan metode
pendidikan Montessori dan pendekatan desain biofilik untuk membentuk kecintaan
anak terhadap alam yang diintegrasikan dalam konteks urban