digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TA PP VIENNA CASTERANUTA 1.pdf)u
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Saat ini penumpang bandara tidak hanya didominasi oleh kalangan menengah keatas saja, namun juga kalangan menengah bawah. Di Indonesia sendiri, bandara sudah terdapat hampir di tiap-tiap kota besar. Tidak dipungkiri dalam jadwal penerbangan akan sering terjadinya delay dan transit baik itu penerbangan Domestik maupun penerbangan Internasional. Akan menjadi hal yang menyebalkan jika delay memakan waktu yang berjam-jam, begitu pula dengan jadwal transit penerbangan domestik maupun penerbangan Internasional. Delay/transit penerbangan akan membuat penumpang menunggu di area boarding room atau di transit room. Banyak juga pengguna yang menggunakkan kursi tunggu dengan berbagai macam hal, seperti bermain gawai, makan, tidur, dll. Karenanya terdapat peluang inovasi desain produk untuk membuat kursi tunggu yang dapat menopang segala aktivitas menunggu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kebutuhan penumpang bandara saat sedang menunggu, mengidentifikasikan dan memetakan masalah-masalah yang mereka alami, serta dapat mengembangkan dan menghasilkan rekomendasi kursi tunggu yang sesuai dengan aktivitas pengguna saat sedang menunggu. Studi ini dilakukan di bandar udara Soekarno-Hatta khususnya di Terminal 3 Ultimate, dan penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Hasil akhir penelitian ini adalah kursi tunggu di bandar udara yang dapat memenuhi kebutuhan aktivitas pengguna saat sedang menunggu delay.