2021 TA PP VIENNA CASTERANUTA 1.pdf)u
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Saat ini penumpang bandara tidak hanya didominasi oleh kalangan menengah keatas saja,
namun juga kalangan menengah bawah. Di Indonesia sendiri, bandara sudah terdapat hampir
di tiap-tiap kota besar. Tidak dipungkiri dalam jadwal penerbangan akan sering terjadinya
delay dan transit baik itu penerbangan Domestik maupun penerbangan Internasional. Akan
menjadi hal yang menyebalkan jika delay memakan waktu yang berjam-jam, begitu pula
dengan jadwal transit penerbangan domestik maupun penerbangan Internasional. Delay/transit
penerbangan akan membuat penumpang menunggu di area boarding room atau di transit room.
Banyak juga pengguna yang menggunakkan kursi tunggu dengan berbagai macam hal, seperti
bermain gawai, makan, tidur, dll. Karenanya terdapat peluang inovasi desain produk untuk
membuat kursi tunggu yang dapat menopang segala aktivitas menunggu tersebut. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kebutuhan penumpang bandara saat sedang menunggu,
mengidentifikasikan dan memetakan masalah-masalah yang mereka alami, serta dapat
mengembangkan dan menghasilkan rekomendasi kursi tunggu yang sesuai dengan aktivitas
pengguna saat sedang menunggu. Studi ini dilakukan di bandar udara Soekarno-Hatta
khususnya di Terminal 3 Ultimate, dan penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Hasil
akhir penelitian ini adalah kursi tunggu di bandar udara yang dapat memenuhi kebutuhan
aktivitas pengguna saat sedang menunggu delay.