digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TS PP ANDHIKA PRAMALYSTIANTO 1.pdf?
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Pemanfaatan teknologi Virtual reality dijadikan sarana berinteraksi secara virtual. Pada penelitian ini ditujukan kepada pengujian mengenai efektifitas dari Virtual reality yang digunakan sebagai media interaksi virtual kepada pengguna desain interior sebagai sarana presentasi interior. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang difokuskan pada analisa Virtual reality interior dengan lima responden ahli dan lima responden klien. Dalam proses kajiannya menggunakan metode deep interview experience, karena untuk mengetahui inside dari para responden. Proses analisa pada pengambilan data dilakukan pada tahapan observasi dilanjutkan dengan tahapan deep interview eksperimen dengan memberikan beberapa pertanyaan mengenai VR untuk mengambil data penelitian terkait studi kasus. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah, ketertarikan dari visual yang berinteraksi secara langsung pada responden dapat menambah nilai efektifitas dari penggunaan Virtual reality. Virtual reality yang dapat berinteraksi dapat dijadikan referensi dalam pemilihan media presentasi desain interior dimasa mendatang.